H Irwan Gelar Konsultasi Publik Ranperda Pengendalian Sampah Regional di Pangkep

Anggota DPRD Sulsel H. Irwan menggelar Konsultasi Publik Ranperda Pengendalian Sampah Regional di Pangkep.

Pangkep, PANRITA.News – Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai NasDem, H. Irwan mengelar kegiatan Konsultasi Publik terhadap Rancangan Perda Pengendalian Sampah Regional.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Cahaya Celebes, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Minggu 5 September 2021.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan itu dianataranya, Taufik Kasami Wakil Ketua Walhi SulSel serta Syairal Ilmiyani S.ST Kabid pengelolaan sampah Dinas lingkungan hidup Kab. Pangkep.

Mengawali kegiatan ini, H. Irwan menjelaskan bahwa acara ini sebagai wadah untuk bersilaturrahmi sekaligus dan mengumpulkan masukan dan kritikan dalam melengkapi rancangan Perda tersebut.

“Secara khusus, negara memberikan wewenang kepada Daerah Provinsi dalam pengelolaan sampah sebagaimana ditetapkan dalam UU No. 18 Tahun 2008, yaitu menetapkan kebijakan dan strategi dalam pengelolaan sampah sesuai dengan kebijakan Pemerintah; memfasilitasi kerja sama antardaerah dalam satu provinsi, kemitraan, dan jejaring dalam pengelolaan sampah,” jelas H. Irwan.

Lebih lanjut, H. Irwan mengatakan jika sampah memang menjadi salah satu persoalan di tengah masyarakat. Akan tetapi, sampah juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

“Secara sosiologis, sampah merupakan masalah besar bagi masyarakat tetapi sampah juga dapat menghasilkan omset apabila dapat dimanfaatkan dengan salah satu infrastruktur utama dalam penyelenggaraan sumberdaya manusia, infrastruktur dan teknologi,” urainya.

Olehnya itu kata H. Irwan, kehadiran rancangan Perda pengendalian sampah ini diharapkan mempu menjadi solusi dari sampah-sampah di daerah.

Penyelenggara dalam pengaturan pelaksanaan kegiatan tetap mengikuti protap protokol kesehatan masa pandemi covid-19.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri perwakilan dan representasi tokoh masyarakat, partai politik, tokoh pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat adat, Aparat Sipil Negara, TNI, Polri, tokoh pemuda, tokoh perempuan dari berbagai kecamatan dan desa yang ada di wilayah Kabupaten Pangkep.

Tinggalkan Komentar