Bontang Raih Predikat Nindya Kota Layak Anak

Bontang, PANRITA.News – Pemberian penghargaan kabupaten/kota layak anak tahun 2021 berlangsung secara virtual. Kota Bontang dan Kota Balikpapan menjadi wilayah yang mendapatka predikat Nindya Kota Layak Anak.

Kegiatan tersebut dilakukan karena mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi di seluruh Indonesia. Meski dalam keadaan pandemi pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta melaksanakan vaksinasi dan terkhusus pada anak umur 12-17 tahun.

“Tidak ada kata menyerah untuk bersama- sama memutus rantai persebaran virus Covid-19, untuk itu patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam sambutanya melalui saluran media sosial, Kamis (29/7/2021).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, jika dalam pemenuhan hak anak harus serius dilaksanakan. Pasalnya di Indonesia populasi anak mencapai sepertiga pada keseluruhan penduduk yang ada.

secara anumum ada 4 hak dasar, hak hidup ,tumbuh dan berkembang, medapatkan perlindungan, serta partisipasi.

komitment lintas sektor menjadi esensial dalam mewujudkan kemampuan pemenuhan hak anak.

“untuk itu dibentuk lah KLA, yang merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui integrasi komitment dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana menyeluruh dan berkelanjutan,” tuturnya.

Bentukan implementasinya pun melalui kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin hak dan kebutuhan anak. hal itu juga sesuai dengan amanat undang-undang.

Selain itu ada juga aturan yang secsra langsung di tuangkan melalui Peraturan Presiden no 25 tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten/kota layak anak.

“Dengan itu dasar hukum program KLA memiliki legitimasi yang kuat, sehingga setiap wilayah di Indonesia dipastikan merumuskan program-program yang komitment memenuhu kah anak,” sambungnya.

penghargaan akan diberikan kepada daerah yang memiliki komitment yang tinggi. tentunya ealuasi tersebut dilakukan oleh tim kemen PPA, kementerian lembaga dan tim independen.

“evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan yang pada akhirnya bermuara pada penghargaan. dengan itu ada 5 predikat yang ada, yaitu pratama, madya, nindya, utama dan KLA,” ujarnya.

Pada tahun 2021 perolehan penghargaan mengalami peningkatan peningkatan. Sebelumnya tahun 2019 ada 249 Kabupaten dan Kota yang mendapatkan penghargaan. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi 275 Kabupaten dan Kota.

Apresiasi juga diberikan kepada provinsi yang telah menjadi pelopor untuk mendapatkan predikan Provinsi Layak Anak (Prodila). yang juga telah membentuk UPTD PPA.

“semoga penghargaan ini menjadi semangat untuk semakin maju dalam pemenuhan hak dan ruang layak untuk anak. karena anak merupakan pelopor masadepan bangsa dan negara,” lugasnya.

Secarah terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang, Bahtiar Mabe, menyampaikan rasa bangganya. Karena Kota Bontang berhasil meningkatkan predikat dari Madya dan saat ini predikat Nindya Kota Layak Anak.

Tentunya itu menjadi prestasi yang luarbiasa. Dengan kerja keras Tim Satuan Tugas KLA, yang menggandeng seluruh stakeholder, serta komunitas anak.

“Semoga Capaian ini akan terus meningkat dan menjadi semangat menggapai predikat Utama KLA pada tahun depan,” ujar Bahtiar Mabe saat dihubungi awak media melalui via telpon, Kamis (29/7/2021).

Menciptakan lingkungan yang positif, sportif dan ramah anak. yakinlah Indonesia akan bangkit menjadi negara yang maju dan hebat. menuju Indonesia layak anak 2030 dan indonesia emas 2045.

“perempuan berdaya dan anak terlinndungi dan Indonesia maju,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar