Jamu Rektor Unhas, Wabup Saiful Tak Rela Selayar Dibangun Berdasarkan Belas Kasihan

Selayar, PANRITA.News – Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif mengelar acara ramah tamah dengan Rombongan Tim Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai rangkaian dari Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Peluncuran Kampus Unhas di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tim yang dipimpin langsung oleh Rektor Unhas Prof Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M. A  didampingi sejumlah pejabat struktural Unhas ini disambut hangat dengan jamuan santap malam bersama di The Guardian Of Nature Sunari Beach Resort Desa Patikarya – Selayar, Jumat (9/7/2021) malam.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati (Wabup) Saiful Arif menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Tim Unhas seraya sekilas memaparkan  gambaran wilayah dan kondisi geografis Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri 11 Kecamatan serta  mempunyai 130 Pulau, berikut segala potensi yang ada didalamnya.

“Terima kasih tak terhingga atas kunjungan langsung Ibu Rektor dan Tim, Selamat datang di Bumi Tanadoang, mudah-mudahan kehadirannya memberikan inspirasi bagi pengembangan Selayar kedepan” ucapnya

Selanjutnya disampaikan bahwa pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya dan segala potensi yang dimiliki Kepulauan Selayar seperti pariwisata, perikanan dan kelautan belum mampu dikelola secara optimal sehingga kontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat masih belum signifikan.

“Salah satu kendalanya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola sektor-sektor tersebut secara optimal dan berkesinambungan” bebernya

Olehnya itu  kata Saiful Arif pendirian Kampus Unhas Selayar dengan Prodi Destinasi Pariwisata dan Prodi Perikanan untuk saat ini, menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kepulauan Selayar sangat mengapresiasi dan bahagia Unhas bersedia menjadi patner pemerintah daerah dalam menangani permasalahan SDM” pungkasnya

Berharap dengan bantuan dari Unhas, Selayar dibangun dengan potensi dan posisi strategis yang dimiliki, “karena kami tidak rela jika Selayar dibangun berdasarkan belas kasihan” Cetus Wabup

Sementara itu Rektor Unhas Prof Dwia mengatakan bahwa kunjungannya merupakan wujud keseriusan dan komitmen Unhas  membangun Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Kehadiran kami disini lengkap full tim, jadi komitmen Unhas untuk membangun selayar jangan diragukan” ucapnya optimis

Disebutkan bahwa pendirian kampus Unhas di Kepulauan Selayar sudah sejak lama terpikirkan bahkan sudah masuk dalam grand desaign tim perencanaan.

Prof Dwia kemudian menganalogikan, saat Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar mencanangkan membuka Kampus Unhas di daerah ini, “seperti panci yang ketemu tutupnya,”

Dikatakan, Selayar salah satu daerah yang mempunyai keunggulan untuk Provinsi Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur khususnya.

“Ibarat permata, Selayar tinggal digosok, potensinya sangat besar; kelautan,  kemaritiman dengan posisi yang strategis, dengan alam yang luar biasa indahnya, ini adalah hadiah dari Allah SWT,” sambungnya

Lanjut Prof Dwia, Unhas diusianya yang tergolong dewasa, saat ini tengah konsent untuk membangun dan menciptakan kesejahteraan rakyat dengan membangun daerah secara langsung.

Ramah tamah yang dikemas melalui silaturahmi dan  jamuan santap malam tersebut selain Wabup, Rektor,  juga dihadiri Ketua DPRD, Sekda, dan Forkopimda lainnya, Wakil Rektor, sejumlah Dekan dan Dosen Unhas serta segenap Pimpinan OPD lingkup Pemkab. Kepulauan Selayar.

Tinggalkan Komentar