Menpora Sebut Pemain Naturalisasi Belum Mampu Jadi Panutan

PANRITA.News – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali mengatakan jika pesepak bola naturasilasi belum mampu menjadi sosok panutan untuk pemain-pemain lokal Indonesia.

Hal itu lantas membuatnya kecewa, dan akan memperketat proses pemain asing untuk menjadi warga negara melalui proses naturalisasi.

Dirinya menilai, saat ini pemain naturalisasi tidak terlalu efektif terutama saat membela Timnas Indonesia.

“Saya melihat tidak begitu efektif pemain naturalisasi untuk pembentukan timnas Indonesia, kualitas mereka yang dinaturalisasi juga tidak terlalu berbeda dengan pemain asli kita,” ucap Zainudin Amali seperti dikutip dari bolasport.

Di piala menpora lalu, Zainuddin amali telah mengamati secara serius para pemain naturalisasi yang bertanding.

“Saya sangat serius memperhatikan kualitas pemain naturalisasi itu, dan ternyata mereka belum bisa menjadi panutan bagi para pemain asli kita,” lanjutnya.

Selain itu lanjut Zainudin, dalam satu pertandingan yang dia amati salah satu pemain naturalisasi tidak dapat memberikan contoh bermain bola dengan baik, dan mendapat kartu merah saat bertanding.

“Yang lebih mengecewakan lagi ada pemain naturalisasi yang dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia, tapi ternyata dia tidak datang dengan berbagai macam alasan dan pulang ke kampung halamannya, padahal timnas Indonesia mau bertanding di luar negeri,” ucap Zainudin Amali.

Menurutnya, para pemain naturalisasi hanya sekedar ingin bermain sepak bola dan terkenal tetapi tidak mempunyai jiwa patriot yang tinggi.

“Itu pertanda pemain naturalisasi tersebut tidak ada kepedulian terhadap kepentingan nasional Indonesia. Dia hanya sekedar bermain sepak bola saja tetapi jiwa patriotisme dan nasionalismenya rendah,” ucapnya

“Ini sangat berbeda dengan pemain-pemain yang memang asli lahir, besar, dan hidupnya di Indonesia, yang sudah dinaturalisasi dan bermain di Liga Indonesia saja begitu,” tutup pria asal Gorontalo itu.

Tinggalkan Komentar