Legislator Makassar, M Yunus Minta Pemerintah Lebih Peduli Anak

Makassar, PANRITA.News – Anggota DPRD Makassar M Yunus meminta pemerintah lebih peduli terhadap anak-anak calon penerus bangsa. Jangan dibiarkan terus dieksploitasi.

Legislator Fraksi Partai Hanura itu menegaskannya saat membahas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Anak, di Hotel Almadera Makassar, Senin (28/6/2021).

Menurutnya, perlindungan terhadap anak tak boleh disepelekan. Sebab, mereka akan menjadi generasi penurus bangsa yang diharapkan dapat memberi kontribusi yang besar.

“Sekarang ini banyak sekali anak-anak dieksploitasi. Kita lihat banyak yang minta-minta, dapat kekerasan, yang seharusnya dia sekolah tetapi sudah bekerja keras,” ungkap Yunus.

Dia berharap peran pemerintah dan orang tua dalam memastikan hak-hak anak terus digalakkan. Harus bisa menjadi pelopor bagi tumbuh kembangnya anak hingga menjadi dewasa.

“Makanya sedini mungkin pemerintah harus hadir untuk melakukan perlindungan anak. Karena kalau anak rusak, maka bagaimana penerus bangsa nantinya,” ujarnya.

KH Agung Wirawan yang hadir sebagai pemateri menegaskan, seorang anak adalah amanah yang harus dijaga. Sebab dalam agama, seorang anak adalah tanggung jawab yang tak boleh dianggap sepele.

“Pada umur 7 sampai 16 tahun anak masih pada fase sugesti, selalu ingin didorong dan dipuji. Kalau di atas 17 tahun berapa pada fase simpati yang mana orang tuanya harus menjadi empati,” papar mantan Ketua Badan Kehormatan DPRD Makassar itu.

Pemateri lainnya, Ketua Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Makassar Marhuma Majid juga menekankan pentingnya seorang anak mendapat perlindungan.

“Secara mental dan fisik seorang anak itu belum matang. Maka harus terus diberi pendampingan dan perlundungan. Termasuk memenuhi hak-haknya,” kata dia.

Tinggalkan Komentar