Lantik Pengurus PMI Sidrap dan Parepare, Adnan: PMI Bukan Hanya Tentang Donor Darah Tapi Semua Lini Kemanusiaan

Gowa, PANRITA.News – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan kembali melantik beberapa pengurus PMI kabupaten/kota di Sulsel.

Kali ini, Adnan melantik pengurus PMI Kabupaten Sidrap dan Kota Parepare masa bakti 2021-2025, Sabtu (26/6/2021).

Pada momentum tersebut, Adnan meminta agar PMI mampu bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat dan TNI/Polri khususnya untuk menambah stok darah yang ada.

“PMI adalah organisasi kemanusiaan sehingga jika ingin berkontribusi untuk daerah dan ingin membantu sesama maka tempatnya adalah PMI serta membangun koordinasi yang baik melalui kemitraan lintas sektoral khususnya Pemda/Pemkot, TNI/Polri dan BPBD.

Adnan mengaku pengurus kemanusiaan tidak bisa jalan sendiri tapi dibutuhkan kolaborasi semua pihak untuk bisa memberikan kontribusi terbaik kepada yang membutuhkan.

Selain itu, Ketua PMI Sulsel yang juga Bupati Gowa ini menyampaikan agar PMI kabupaten/kota segera menetapkan struktur tugas dan tanggung jawab kepengurusan dan struktur markas berdasarkan kompetensi serta melakukan pembinaan peningkatan kapasitas SDM relawan melalui pelatihan.

“PMI bukan hanya tentang donor darah tapi semua lini kehidupan manusia. Ketika ada bencana PMI selalu siap siaga dan turun langsung ke lapangan membantu sesama,” tambahya.

Olehnya ia berharap dengan dilakukannya pelantikan ini PMI kabupaten/kota bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk Sulawesi Selatan dan Indonesia secara keseluruhan.

Pihaknya juga memberikan bantuan kepada PMI Sidrap berupa 1 unit mobil operasional pickup grandmax, 10 sprayer dan 50 baju hazmat.

Sementara untuk PMI Kota Parepare akan dibicarakan kemudian apakah bantuan fasilitas operasional maupun bantuan pembenahan markas.

Sementara Ketua PMI Sidrap, Dollah Mando mengatakan PMI Sidrap cukup aktif di lapangan, terlebih ketika terjadi bencana dan aktif melakukan pelatikan tingkat desa/kelurahan.

“Sampai saat ini PMI kami cukup aktif meskipun dengan peralatan yang ada dan PMI Sidrap selalu siap siaga untuk turun langsung ketika terjadinya bencana,” katanya.

Ketua PMI Parepare, Surianto yang menyebutkan Kota Pare-are merupakan daerah strategis khususnya dalam hal kesehatan, sehingga ia berharap bisa bermitra dan bersinergi dengan Pemkot Parepare.

“Parepare ini memiliki rumah sakit rujukan sehingga pelayanan rumah sakit harus ditingkatkan, otomatis PMI harus mengimbangi itu khususnya kebutuhan darah di RS jadi kami membutuhkan bantuan pemerintah dan Muspida agar bisa mendorong para anggotanya dan khalayak umum untuk berkontribusi dalam melakukan donor darah,” ungkapnya.

Pada pelantikan ini Ketua PMI Sulsel turut didampingi beberapa pengurus PMI yakni Sekretaris PMI Sulsel Rahmansyah, Wakil Ketua Bidang Yansoskesmas Itji Diana Amin Daud, Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana Hasanuddin Kamal, Kahar Gani, Imran Eka Saputra, Nurfiansyah Luthfi, dan pengurus lainnya.

Tinggalkan Komentar