Hari Lahir Pancasila, Walikota Makassar: Kita Harus Bumikan Pancasila

Makassar, PANRITA.News – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual kombinasi di War Room Kantor Balai Kota Makassar, Selasa (1/6/2021).

Upacara yang diinspekturi langsung Presiden RI, Joko Widodo ini, mengangkat tema ‘Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh’.

Merujuk tema tersebut, Danny Pomanto mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Makassar untuk membumikan Pancasila pada kehidupan sehari-harinya.

“Kita harus membumikan Pancasila terutama pada kehidupan sehari-hari. Ini harus dipahami secara mendalam kepada seluruh warga negara. Kenapa? Banyak paham-pagam ideologi transnasional dan internasional yang masuk tanpa batas. Baik itu, lewat handphone dan media-media lainnya. Untuk menangkal hal itu, maka membumikan Pancasila jadi jawabannya,” ucap Danny.

Di Makassar pun Pancasila begitu dominan sila pertama, yakni ketuhanan yang maha esa. Seluruh umat beragama di Kota Makassar mendapatkan payung perlindungan lewat program perkuatan keimanan ummat.

Praktek-praktek itu dapat dilihat saat musibah bom bunuh diri di Gereja Ketedral dan bencana lainnya.

“Semua umat bersatu dan berdoa serta membantu. Saat musibah-musibah di Sulawesi Selatan kita juga saling bahu membahu. Dan saat musibah banjir di Kota Makassar juga, kita semua saling membantu. Ini bukti kita mengamalkan persatuan Indonesia sila ketiga dari Pancasila,” ungkapnya.

Karenanya, Danny berharap pengamalan Pancasila ini, harus selalu dilakukan pada setiap aktivitas kehidupannya.

Upacara virtual di War Room Kota Makassar ini, dihadiri semua jajaran Forkopimda Kota Makassar

Tinggalkan Komentar