DPPKB Bontang: Calon Pengantin Wajib Tau Ini

Bontang, PANRITA.News – Kepala DPPKB Bontang, Bahtiar Mabe menghimbau kepada pasangan suami istri baru atau calon pengantin untuk memahami pentingnya kesehatan reproduksi dan seksual.

Bahtiar meminta terkhusus bagi calon pengantin, selalu menjaga komunikasi antar keduanya agar dapat menjaga keharmonisan berumah tangga.

Jika hal itu berjalan, keputusan kapan punya anak, mau berapa jumlahnya akan mudah diputuskan oleh pasangan calon pengantin.

 “Baik suami maupun istri nantinya memiliki peranan yang sama dalam memperoleh hak-hak reproduksi dan seksual seperti memutuskan kapan, berapa dan jumlah anak yang diinginkan,” kata Bahtiar, saat ditemui awak media , Senin (17/5/2021).

Jika masing-masing calon pengantin sudah mengetahui dan memahami informasi tentang hak reproduksi dan seksual, persiapan pra nikah. Kemudian jenis tindak kekerasan yang mengganggu pernikahan, kehamilan, Infeksi Menular Seksual (IMS), Infeksi Saluran Reproduksi (ISR), deteksi dini kanker serta solusi dan bagaimana mencegahnya, maka kedepan saat menemui masalah dalam kehidupan berumah tangga bisa cepat diatasi.

“Kembali lagi bahwa komunikasi termasuk hal utama dalam pernikahan guna menghindari munculnya konflik yang bisa berujung pada pertengkaran bahkan perceraian,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar