DPPKB Bontang Optimis Penambahan Penyuluh KB Tahun 2021

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News– Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang Bahtiar Mabe mengatakan, penyuluh KB memiliki tugas yang berfungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengembangkan, melaporkan dan mengevaluasi program kependudukan dan KB, serta program pembangunan lainnya di tingkat Desa/Kelurahan.

“Peran penyuluh KB (Keluarga Berencana) di masyarakat sangatlah penting. Adapun peran penyuluh KB adalah sebagai pengelola pelaksanaan kegiatan program kependudukan dan KB di desa atau kelurahan,” Kata Bahtiar saat ditemui Awak Media usai melaksanakan Sidang Paripurna Disekertariat DPRD Bontang, Senin (17/5/2021).

Selanjutnya peran penyuluh KB adalah sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam program kependudukan dan KB di desa atau kelurahan.

“Penyuluh KB juga berperan sebagai pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam pelaksanaan program kependudukan dan KB di desa atau kelurahan,” tambahnya.

Pihaknya juga menekankan bahwa penyuluh KB berperan sebagai menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak, dalam pelaksanaan program kependudukan dan KB di desa atau kelurahan dampingi anak untuk mandiri.

“Saat ini, kami memiliki lima penyuluh KB di Bontang. Kami berharap, ada penambahan penyuluh tahun ini,” ungkap Bahtiar Mabe.

Pihaknya akan melakukan kordinasi kepada Pimpinan Daerah baru, dengan penambahan tenaga baru, Penyuluh KB dapat menguasai wilayah masing-masing. Tentu saja bisa memperkecil beban dalam setiap penyuluh.

“Semoga bisa terealisasi penambahan penyuluh di setiap Kelurahan Kota Bontang,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar