DPPKB Bontang Klaim Program Kampung KB Dapat Meningkatkan Generasi Produktif

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Bahtiar Mabe.

Bontang, PANRITA.News – DPPKB Bontang menyiapkan wadah untuk mendukung dalam meningkatkan generasi produktif. Hal tersebut dilakukan guna menghadapi lonjakan penduduk yang diprediksikan akan menuai ledakan di tahun 2025.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang, Bahtiar Mabe menjelaskan, Salah satu wadah tersebut, adalah program Kampung KB (Keluarga Berencana). Dari kampung KB tersebut dapan melahirkan rancangan pelatihan peningkatan produktifitas antar generasi. Terlebih untuk generasi muda yang akan menyiapkan potensi sumber daya manusia yang memadai.

“Diperkirakan akan ada ledakan penduduk pada tahun 2025, dimana bonus demografi usia produktif meningkat,” kata Bahtiar Mabe.

Apabila masyarakat usia produktif ini tidak memiliki kompetensi yang memadahi, lanjutnya, akan merugikan bangsa sendiri. Karenanya, pemerintah melalui DPPKB Bontang melaksanakan program Kampung KB.

“Dibangun manusianya, pengetahuan serta mentalitasnya. Sehingga nanti bisa menjadi masyarakat yang produktif,” tuturnya.

Dia menambahkan, Indonesia harus menjadi negara yang kuat ekonominya di dunia dan menjadi negara yang kuat teknologinya. Bahkan Bontang sebagai Kota Industri yang pastinya pengembangan potensi kreatifitas harus ditingkatkan.

“Belajar seperti di negara maju, peningkatan kapasitas berfikir dan kreatifitas meski dengan penduduk kita beragam,” sambungnya.

Bahtiar mengatakan, jumlah penduduk Indonesia yang besar, khususnya penduduk dengan usia produktif harus dimanfaatkan.

“Maka dari itu, pembangunan manusia perlu untuk dilakasanakan. Mari sukseskan program Kampung KB karena manfaatnya bisa dinikmati masyarakat sendiri. Karena ketahanan nasional berasal dari ketahanan rumah dan diri sendiri,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar