Diinisiasi Plt Gubernur Sulsel, Pujian Danny Pomanto Atas Modernisasi RPH Manggala

Plt Gubernur Susel Andi Sudirman Sulaiman dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Makassar, PANRITA.News – Modernisasi Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Manggala, di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, tak terlepas dari campur tangan Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel. Ia yang menginisiasi sekaligus yang mendesain modernisasi RPH itu. Bahkan kini, tempat maupun segala fasilitas pendukungnya lebih modern.

Di RPH ini pula, terdapat tiga alat restraining box atau kandang jepit untuk perebah sapi, berupa manual maupun elektrik. Modernisasi RPH kini berstandar ASUH. Yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Guna menjamin kesehatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat dalam mengkonsumsi daging ternak.

Andi Sudirman berharap, pengelolaan RPH Manggala ini bisa beroperasi dan dimanfaatkan maksimal.

“Kita ingin pelan-pelan jumlah ternak yang disembelih terus diupayakan ditingkatkan. Apalagi sudah memiliki Juru Sembelih Halal atau biasa disingkat Juleha,” kata Andi Sudirman, saat meninjau RPH Manggala bersama Wali Kota Makassar, Senin dini hari, 10 Mei 2021.

“Pesan kami hanya satu, jangan sampai RPH ini mangkrak. Kita tidak ingin itu. Jadi masyarakat juga bisa menikmati daging segar yang tentunya dipotong secara halal dan higienis,” tambahnya.

Pujian pun dilontarkan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Menurutnya, rumah pemotongan hewan ini lebih modern, baik dalam segi bangunan maupun peralatan.

“Kita lihat ini, hadirnya RPH Manggala ini yang betul-betul langsung didesain oleh Bapak Plt Gubernur Sulsel. Luar biasa ini RPH,” puji Danny Pomanto.

Apalagi proses pemotongannya, kata dia, bisa menjaga kehalalan dan higienitas daging yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Plt Gubernur yang menginisiasi RPH ini, sehingga Makassar akan memulai kebijakan sebagai Food Security dan Halal Food. Dimana (RPH) ini higienis dan kehalalannya terjamin,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar