Komisi II DPRD Bontang Harap Ketersediaan Santan Kelapa Cukup Menjelang Lebaran

Anggota Komisi II DPRD Bontang, Ridwan.

Bontang, PANRITA.News – Komisi II DPRD Bontang melakukan rapat kerja (Raker) bersama Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang terkait ketersediaan pangan di Bulan Suci Ramadan di Gedung Sekretariat DPRD Bontang, Selasa (20/4/2021).

Dalam rapat tersebut, Anggota Komisi II Ridwan berharap, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang agar memantau Ketersediaan Kelapa penghasil santan.

“Pengusaha penjual santan, laporannya sudah 3 hari tidak menjual karena tidak ada pasokan, kalaupun ada, sekarang harganya hampir Rp. 30 ribu /kg,” ungkap Ridwan.

Ridwan menyebut, jika komoditas Kelapa penghasil santan itu, luput dari laporan DKP3.

“tadi saya dengar beberapa laporan ketersediaan pangan, namun tidak menyebutkan soal ini, padahal santan ini diperlukan, ayam dan daging butuh santan,” ujarnya dengan kelakar.

“harapannya, ini ditanggapi serius dan tidak bisa dikecualikan,’ Tambahnya.

Menanggapi hal itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala DKP3 Bontang Ali Akbar mengatakan, Akan segera turun ke Pasar pasar untuk monitoring.

“walaupun kelapa ini tidak masuk dalam komoditas strategis, namun ini jadi konsen kami, dan catatan penting,untuk kami lanjutkan akan turun memonitoring ke Pasar,” ungkapnya.

Ia membenarkan jika komoditas Kelapa santan menjadi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran.

“ini akan kami antisipasi saat ramadhan dan menjelang lebaran dan paska idul fitri,”

Ketersediaan kelapa santan menurut Adi, merupakan suplay yang berasal dari daerah penopang, seperti Santan, Muara Badak dan kaliurang.

“Kelapa santan ini suplaynya dari Santan, Muara Badak dan kaliurang, tranportasi juga baik. Tapi ini sekali lagi menjadi catatan kami pak, akan kami tindaki,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar