Unhas Akan Survei dan FGD Terkait Pembentukan Kampus di Selayar

Selayar, PANRITA.News – Tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar diagendakan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka survey dan FGD serta penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) rencana pembentukan Kampus Unhas Selayar.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari MoU antara Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan Bupati Kepulauan Selayar beberapa waktu lalu, terkait kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh plt. Kadis PMPTSPTK Muhammad Arsyad, SKM, M.Kes, MScPH., Selasa (13/4/2021) malam.

Muhammad Arsyad mengemukakan, hasil pertemuan dengan tim Rektorat Unhas (dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik) sebelum MoU berlangsung, bahwa setelah MoU tim Unhas akan ke Selayar untuk FGD dengan stakeholder terkait, sekaligus survei calon kampus dan lokasi pengembangannya ke depan.

“Yang akan dibuka di Selayar adalah Kampus (Kampus Unhas Selayar), bukan sekedar kelas, dan ini adalah Program Jangka Panjang atau bahkan selamanya. Seperti itu penegasan dari Wakil Rektor I Unhas,” kata Muhammad Arsyad.

Dijelaskan tahap awal program perkuliahan difokuskan pada program vokasi atau D4 (Sarjana Terapan), ke depan bisa saja dibuka program S2 bahkan program Doktoral.

“Tahap awal kemungkinan besar akan dibuka 2 (dua) atau 3 (tiga) Program Studi, yaitu pariwisata (Destinasi Pariwisata), Perikanan, dan Kesehatan Pesisir. Tergantung Prodi mana yang siap. Prodi Pariwisata dan Perikanan berpeluang lebih apalagi sangat sesuai potensi daerah,” jelas Muhammad Arsyad.

Muhammad Arsyad mengemukakan sarana prasarana menjadi tanggungjawab Pemda. Unhas bertanggungjawab dalam hal akademik dan pengelolaan kampus seperti asset, SDM dan lain-lain, sehingga akselerasi dan pengembangannya sangat ditentukan oleh akselerasi Pemda Selayar. Olehnya itu kebijakan, program dan kegiatan terkait pembukaan Kampus Unhas Selayar ini diharapkan dapat termuat dalam RPJMD Selayar 2021-2026.

“Pihak dari Unhas meminta agar dibentuk tim kecil di Pemda Selayar yang akan secara intens bekerja melakukan persiapan-persiapan bersama Tim Unhas,” terangnya.

Menutup keterangannya, Muhammad Arsyad mengatakan, direncanakan akan dibuka Tahun Akademik 2021/2022. Pendaftaran Calon Mahasiswa pada Bulan Juni 2021, dan perkuliahan dimulai Agustus 2021.

Tinggalkan Komentar