Tahap Akhir Pencatatan Keluarga 2021, Bahtiar: Petugas Tetap Semangat di Bulan Ramadhan

Bontang, PANRITA.News – Tahapan pendataan keluarga 2021 ditengah bulan Ramadhan dipastikan tetap menaaati protokol kesehatan. Kegiatan yang melibatkan 499 surveyor yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Bontang.

Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang, Bahtiar Mabe mengatakan Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

“Peraturan tersebut  mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam sistem informasi keluarga (SIGA), ” kata Bahtiar saat ditemui awak media, Rabu (14/4/2021).

Selanjutnya pihaknya juga mengatakan bahwa dalam pendataan ini nantinya kita juga akan mendeteksi keberadaan Stunting.

“Tentunya kedepan akan ada rumusan program dalam penekanan persebaran stunting di Kota Bontang, awalnya pasti melakukan pemetaan nah hal itu dapat diketahui melalui pendataan tersebut,” sambungnya.

Pencegahanya pun bisa dilakukan sejak dini untuk menekan angka stunting tersebut. Dengan terus memberikan sosialisasi tentang pembagian kerja di keluarga.

Meski leberlangsungan pendataan keluarga ditengah pandemi dan bulan suci ramadhan, Bahtiar meminta agar seluruh tim survei bekerja secara baik dan selalu menjaga protokol kesehatan yang ketat.

“Mendata keluargaenjadi tugas penting surveyor namun kami juga menghimbau agar tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, dan juga semangat mesti ditengah kondisi bulan Ramadhan,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar