Abaikan Putusan PHI, Lonsum Hanya Bayar Setengah Upah Bonus Karyawan

Bulukumba, PANRITA.News – Perusahaan Perkebunan karet PT London Sumatra Indonesia (Lonsum), Kabupaten Bulukumba, dinilai telah mengabaikan putusan Putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Makassar, terkait pembayaran upah bonus karyawan tahun kerja 2018.

Ketua PUK SPSI Palangisang Estate, Hasbullah mengungkapkan, jika merujuk dari putusan PHI maka PT Lonsum wajib membayarkan tambahan upah bonus sebesar 1,5 bulan gaji.

Namun, lanjut Ulla sapaannya, hingga saat ini pihak PT Lonsum baru membayarkan seperdua, atau 0,75 bulan upah sehingga tidak sesuai dengan putusan PHI Makassar

“Masih ada hak karyawan sebesar 0,75 bulan upah yang belum dibayarkan oleh pihak PT Lonsum,” kata Ulla, Jumat (9/4/2021).

Hingga saat ini, lanjut Ulla, belum ada kejelasan dan itikad baik dari PT Lonsum untuk menyelesaikan pembayaran upah bonus yang sudah menjadi hak karyawan.

Diketahui, pembayaran upah bonus Karyawan PT Lonsum tahun kerja 2018, sebesar 1,5 bulan upah telah memiliki putusan tetap dari Pengadilan Hubungan Industial (PHI) Makassar, Nomor 25/pdt-SUS-PHI/2019/PN.MKS JO 861K/Pdt.SUS-PHI/2020.

PT Lonsum, sempat melakukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung, yang pada akhirnya menguatkan putusan PHI Makassar dengan menghukum PT Lonsum agar segera membayarkan upah bonus karyawan tahun 2018.

Tinggalkan Komentar