Jelang Ramadhan, Agus Haris Minta Pemkot Bontang Jamin Ketersediaan Pangan

Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Agus Haris.

Bontang, PANRITA.News – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang diminta menjaga ketersediaan pangan menjelang datangnya bulan suci.

Hal itu penting dilakukan agar jangan sampai saat kebutuhan masyarakat meningkat, ada kelangkaan barang sehingga bisa memicu kenaikan harga di pasar.

Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Agus Haris mengatakan, Pemkot dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bontang, wajib memantau persediaan harga kebutuhan pokok masyarakat baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

“Pemkot juga harus memastikan stok pangan, mulai di gudang pemerintah atau Bulog hingga persediaan di masyarakat,” ujar Agus Haris saat dikonfirmasi via seluler, Kamis (18/3/2021)

Politisi Partai Gerinra ini menambahkan, kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat yang biasa terjadi menjelang puasa dan lebaran, harus diantisipasi sedini mungkin. Dengan demikian tidak sampai menimbulkan gejolak di masyarakat.
“Menjamin ketersediaan pokok masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah, selain itu pemerintah juga wajib menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi kelangkaan misalnya dengan operasi pasar,” tegas dia.

“Karena saat barang itu langka, harganya pasti meningkat,” sambungnya.

Pengalaman selama ini, lanjut Agus, kenaikan harga terjadi karena kebutuhan masyarakat yang meningkat saat puasa dan lebaran. Fenomena tersebut sudah umum dan biasa terjadi. Namun hendaknya dilakukan antisipasi sehingga tidak sampai menimbulkan gejolak harga di pasaran.
“Kalaupun harga naik ya kenaikannya wajar, sehingga tidak membebani masyarakat atau menimbulkan inflasi yang tinggi, selama barangnya ada,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Bontang, Debora Kristiani klaim bahwa persediaan pangan di Kota Bontang masih aman. Termasuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini.

“sudah kami cek, belum ada tanda tanda kita kekurangan dan stok masih aman, kalau terjadi kenaikan harga, segera kami akan operasi Pasar,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar