Bakhtiar Wakkang Harap Pemerintah dan Perusahaan Izinkan Pedagang untuk Berjualan Lagi

Anggota DPRD Kota Bontang Bakhtiar Wakkang.

Bontang, PANRITA.News – Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kini sedang menghadapi dua krisis. Selain krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19, UMKM juga menghadapi resesi ekonomi yang kini dialami oleh Indonesia, dampak dari wabah Covid-19.

Anggota DPRD Kota Bontang Bakhtiar Wakkang menilai, Adanya pandemi dan kebijakan pemerintah dalam Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (pkm) memberikan pengaruh yang cukup besar ke umkm di Bontang.

“adanya PMK, belum lagi kebijakan beberapa perusahan dan perkantoran yang mengijinkan Work From Home,” ujar BW sapaan akrabnya.

Selain kebijakan PMK dan WFH, salah satu faktor lain yang ikut memperparah semakin sempitnya gerak para UMKM yakni, beberapa fasilitas umum yang menjadi tempat berjualan bagi beberapa UMKM dibontang, turut menjadi perhatian BW.

“Fasilitas pemerintah yang masih tutup dan banyak pedagang yg berjualan contohnya lapangan lang-lang, padahal tren persebaran covid -19 terus menurun,” ungkap BW sapaan nya kepada wartawan, Kamis (18/3/2021)

Selanjutnya Politisi Nasdem ini menyampaikan para pedagang atau pelaku UMKM yang berdagang dibeberapa aset pemerintah lebih baik kembali diizinkan untuk membuka daganganya. Karena, para pedagang tersebut butuh pemasukan untuk kebutuhan sehari – hari. Terlebih menjelang bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba.

“Mereka seharusnya diberikan ruang supaya dapat meningkatkan imunitas tubuh, bagaimana imunitas mereka bisa bagus kalau kantong mereka kosong karena tidak berjualan, maka juga harus berjualan. Ditambah lagi bulan Ramadhan kian dekat,” ujarnya

Lebih lanjut politisi Nasdem ini juga menyampaikan, selain pedagang yang berada di fasilitas pemerintah, dirinya juga meminta pedagang yang berjualan di fasilitas BUMN juga di buka.

Dirinya menjelaskan belum lama ini pihaknya telah bertemu dengan Kementerian BUMN dan mereka juga telah menginstruksikan bahwa BUMN akan membantu menghidupkan ekonomi UMKM di Kota Bontang.

“Salah satunya mengizinkan kembali para pelaku UMKM berjualan di koperasi PKT, ” sambungnya.

Terakhir dirinya berharap agar pemerintah mengizinkan pedagang untuk berjualan kembali. Menurutnya jika semuanya bisa dibuka, tentunya para pedagang juga tetap mentaati protokol kesehatan yang ketat.

“Saya berharap pemerintah tidak tebang pilih dengan ada yang dibolehkan ada yang tidak. Karena kita ini selalu menjunjung tinggi pancasila yaitu sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar