Komisi I DPRD Bontang Inisiasi Hibah BLKI Bonles

Komisi I DPRD Bontang Onisiasi Hibah BLKI Bonles

Muhammad Irfan.

Bontang, PANRITA.News – Komisi I DPRD kota Bontang dalam waktu dekat akan menyambangi kembali Dinas tenaga kerja (Disnaker) Provinsi Kalimantan timur (Kaltim) guna membicarakan prosedur hibah pengalihan pengelolaan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Bonles.

Hal ini di sampaikan Muhammad Irfan usai melaksanakan penyuntikan Vaksin Covid-19, Rabu (03/03/2021) di Gedung Auditorium 3 Dimensi Kantor Walikota Lama.

“Rencana Jumat (5/3/2021) DPRD Kota Bontang terkhusus komisi 1 yang membidangi ketenaga-kerjaan akan kunjungan ke Disnaker Kaltim membicarakan prosedur Hibah blki biar dikelolah oleh Disnaker Bontang,” ujar Irfan.

didepan Wartawan, Irfan menjelaskan Rencana Komisi I DPRD kota Bontang tersebut sebagai bentuk kontribusi, Agar optimalisasi pengelolaan dan penganggaran yang lebih baik jika berada dalam Naungan Disnaker Kota Bontang.

Ia Menilai selama ini BLKI belum optimal dalam meningkatkan mutu serta kualitas tenaga kerja lokal.

“kita bisa liat BLKI sekarang jarang melakukan kegiatan pelatihan, sementara fasilitas di blki itu lengkap, sehingga tenaga lokal kita belum sepenuhnya siap ” tambahnya.

Untuk diketahui, Komisi I DPRD kota Bontang telah melakukan kunjungan pertama ke Disnaker Prov Kaltim pada pertengahan Tahun 2020 yang lalu, guna melihat mekanisme dan prosedur hibah pengelolaan BLKI tersebut.

Sekaitan dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 Tahun 2018 perubahan atas Perda nomor 1 Tahun 2009 tentang rekrutmen dan penempatan tenaga kerja  Kota Bontang yang mengatur kuota 75 persen tenaga kerja Lokal, Irfan optimis dengan pelatihan rutin dengan fasilitas memadai dapat meningkatkan kesiapan Tenaga kerja Lokal.

“harapan saya, BLKI dibawah naungan Bontang bisa meningkatkan kesiapan dan keterampilan putra daerah agar serapan tenaga kerja lokal terpenuhi.” ungkapnya.

“tidak menutup kemungkinan jika kualitas SDM kita bagus, akan melirik kota Bontang” tambahnya.

Irfan juga berharap, Agar Nantinya pemerintahan Baru dapat bersinergi dengan Komisi I memfollow up peningkatan kualitas SDM ketenagakerjaan dengan memfasilitasi progres Hibah BLKI untuk program pelatihan.

“Rencana ini (BLKI) harus di follow up bersama pihak eksekutif apalagi dengan semangat baru,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar