Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Sulawesi Utara Hari Ini

Ilustrasi gempa bumi.

Ilustrasi gempa bumi.

PANRITA.News – Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,2 kembali mengguncang wilayah Sulawesi Utara pagi tadi Sabtu (16/1/2021) pada pukul 06.00 WIB.

Mengutip keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa memiliki lokasi 1.44 Lintang Utara, 126.02 Bujur Timur. Pun, pusat gempa berada di Laut, 99 km Timur Bitung dengan kedalaman 73 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelasnya.

Kendati guncangan gempa bumi ini terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa tidak ada potensi tsunami.

Akan tetapi, getaran gempa bumi dirasakan di sejumlah daerah dengan intensitas yang berbeda-beda.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ujar Bambang.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

Tinggalkan Komentar