YKI- Gugus Tugas Covid-19 Sulsel Gelar Rapid Test Antigen Gratis untuk Masyarakat

Rapid Test Antigen gratis disiapkan untuk warga Sulsel di Kantor Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel di Jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar. Foto: Istimewa

Makassar, PANRITA.News – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bekerjasama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov Sulsel menggelar rapid antigen gratis bagi seluruh masyarakat. Kegiatan ini diadakan di Kantor YKI Cabang Sulsel, Jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar, setiap hari Senin hingga Sabtu, dimulai pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang.

Masyarakat dapat mengakses layanan ini dengan terlebih dahulu melakukan registrasi melalui Website https://covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis. Selanjutnya, bagi masyarakat yang telah terdaftar akan diberikan informasi mengenai hari dan jam untuk datang dan melakukan tes di lokasi. Per harinya, pemeriksaan ini dilakukan kepada 100 masyarakat yang telah mendaftar.

Di hari pertama kegiatan, Ketua YKI Cabang Sulsel, Ir Lies F Nurdin, meninjau langsung pelaksanaan kegiatan yang rencananya dilangsungkan hingga satu bulan mendatang.

“Pemprov Sulsel bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia, hari ini mulai membuka untuk rapid antigen gratis bagi masyarakat. Alhamdulilah ini dilaksanakan secara gratis, daftarnya bisa lewat online dan dibatasi 100 orang per hari,” jelas Lies F Nurdin, di sela kunjungannya pada Rabu, (23/12/2020).

“Kuota hari ini sudah full, sampai hari Sabtu sudah full, jadi mohon masyarakat bersabar karena kegiatan ini masih akan berlanjut, kalau mau mendaftar bisa lakukan jam 12 malam tapi untuk hari Senin mendatang,” terangnya.

Ia menyebutkan, respon masyarakat cukup positif atas layanan yang diberikan Pemprov Sulsel sebagai respon atas meningkatnya kasus positif di Sulsel pasca Pilkada.

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Sulsel kepada masyarakat akibat meningkatnya kasus terkonfirmasi positif di Sulsel pasca Pilkada,” imbuhnya.

Sementara, Koordinator Duta Wisata Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin, menyebutkan, layanan pemeriksaan rapid antigen ini dilakukan oleh tiga tenaga medis dan satu tenaga edukator. Masyarakat yang telah terdaftar melalui website, akan dipanggil untuk melakukan tes dan hasilnya akan diperoleh dalam waktu 15 menit.

“Hasilnya diperoleh melalui aplikasi, begitu datanya terinput, hasilnya akan keluar dalam waktu 15 menit dan bisa langsung diprint dan diberikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif akan diberikan edukasi oleh tenaga edukator untuk mengikuti program Duta Wisata Covid-19 di hotel yang telah disediakan Pemprov Sulsel.

“Ketika masyarakat ternyata positif, kami akan lakukan edukasi untuk mengikuti Duta Wisata Covid melalui hotel yang telah disediakan Pemprov,” jelasnya.

Sari (38 tahun), warga asal Kota Jakarta yang ikut melaksanakan tes ini bersama keluarganya, mengaku cukup terbantu dengan layanan pemeriksaan gratis yang disediakan YKI dan Pemprov Sulsel. Ia menggunakan layananan ini untuk memperoleh surat keterangan karena akan kembali ke Jakarta.

“Layanan ini sangat membantu, terima kasih sekali karena sudah membantu, support ini sangat bagus untuk ke depannya,” kata Sari.

Tes rapid antigen merupakan layanan pemeriksaan yang mengambil sampel dari lendir hidung pasien untuk mengetahui protein yang terkandung di kulit virus Corona. Tingkat sensitivitas tes ini mencapai 92 persen, lebih tinggi dari rapid tes antibodi yang sebelumnya umum digunakan.

Tinggalkan Komentar