PKK dan Pemprov Sulsel Gelar Pasar Murah di Jeneponto

Ketua TP PKK Sulsel, Hj Liestiaty F Nurdin.

Jeneponto, PANRITA.News – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Ir. Lies F Nurdin bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian menggelar pasar murah bagi masyarakat di Lapangan Kantor Bupati Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Senin 14 Desember hingga Selasa 15 Desember 2020.

Pasar Murah Peduli Rakyat ini akan menjual produk pangan kebutuhan rumah tangga yang disediakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKPn) Sulsel, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, dan Bulog Sulselbar. Perusahaan dari Makassar yakni Charon Phokpand dan Carrefour Pengayoman juga turut andil di acara itu.

Lies menuturkan, kegiatan pasar murah juga akan dilaksanakan di berbagai kebupaten dan kota di Sulsel dengan menggandeng program CSR dari berbagai perusahaan agar masyarakat dapat memperoleh kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah.

“Di sini masyarakat umum bisa memperoleh kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar, bahkan bisa sampai setengah harga pasar, kita bersyukur sekali karena masyarakat bisa terbantu,” tutur Lies F Nurdin usai mengunjungi masing-masing lapakan para pedagang.

Lies menyebutkan, gelaran pasar murah juga ikut menghidupkan para pengusaha mikro dan kecil yang ikut merasakan dampak dari pandemi.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi market bagi para pedagang yang semasa pandemi angka penjualannya menurun drastis,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Lies mengaku akan terus mendorong UMKM untuk berjaya di rumah sendiri melaui industri retail hingga menembus pasar ekspor.

“Jadi UMKM kita tidak hanya membuat produk tetapi bagaimana agar produk yang dihasilkan bisa masuk retail, bisa masuk di market yang pengunjungnya ramai bahkan bisa menembus pasar ekspor,” jelas Lies.

Ia menuturkan hingga saat ini, Dinas Perindustrian telah menggratiskan berbagai item perizinan bagi UMKM yang dinilai mampu menghasilkan produk yang unggulan untuk dipasarkan melalui retail.

“Tahun ini ada 150 UMKM yang digratiskan seluruh biaya perizinan untuk bisa masuk di industri retail yang ada di Sulsel,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Lies juga membagikan ratusan paket bantuan pangan untuk para lansia dari berbagai kecamatan di Kabupaten Jeneponto.

Salah seorang penerima bantuan, Besse (72) mengaku bersyukur Ibu Gubernur Sulsel begitu peduli kepada mereka.

“Bersyukur sekali nak, sudah berapa kali (sering) dapat bantuan dari Ibu Gubernur,” katanya. 

Tinggalkan Komentar