Tahun 2021, Pemprov Sulsel Akan Bangun 20 Unit Instalasi Arsinum di Pulau-pulau

Unit instalasi air siap minum (arsinum).

Makassar, PANRITA.News – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah meresmikan unit instalasi air siap minum (arsinum) di Pulau Samalona, Minggu, 13 September 2020. Di tempat ini secara simbolis juga diresmikan dua unit lainnya yang ada di Pulau Lanjukang dan Laingkai.

Selanjutnya, untuk tahun depan, tahun 2021 akan dihadirkan 20 unit arsinum di Sulsel.

“Setelah ini selesai kita akan ke Kabupaten Pangkep, karena Sulsel ini terdiri dari 330 pulau,” kata Nurdin Abdullah.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkintan) Sulsel, M Iqbal Suhaeb menyebutkan, instalasi ini hadir sesuai dengan program prioritas Gubernur untuk pembangunan yang inklusif di semua lapisan masyarakat harus mendapatkan faslitas layanan kebutuhan dasar.

“Bukan hanya di perkotaan, termasuk masyarakat pulau, salah satu kebutuhan masyarakat pulau itu adalah air bersih,” sebutnya.

Untuk itu melalui Dinas Perkintan, Pemprov membangun sarana air bersih terutama untuk arsinum. Teknologi digunakan dari Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Kenapa kami gunakan teknologi dari BPPT, selama ini ada program-program arsinum yang sudah ada, tetapi itu adalah bantuan bantuan luar negeri. Begitu ada yang kerusakan susah, sudah perbaikinya karena harus mendatangkan dari luar dia punya alat-alatnya,” jelasnya.

Selain itu kerjasama dengan BPPT biayanya juga lebih murah, ketersediaan spare part juga tersedia lebih mudah.

Tinggalkan Komentar