Terapkan Protokol Kesehatan, Masyatakat Antusias Ikuti Kegiatan Posyandu Mutiara

Bontang, PANRITA.News – Stigma negative terhadap pelayanan kesehatan akibat munculnya beberapa informasi yang tidak bertanggung jawab tentang bahaya penyebaran covid di fasilitas kesehatan tidak menurunkan antusias ibu balita untuk datang ke posyandu guna melakukan pemeriksaan kesehatan bayi dan balita.

Seperti yang terlihat pada kegiatan Posyandu Mutiara yang terletak di kelurahan Bontang kuala, tampak disibukkan dengan kegiatan menimbang dan pemberian makanan tambahan serta pemahaman ibu Balita untuk meningkatkan kesadaran dalam hal pentingnya pemberian Gizi seimbang.

“Alhamdulillah, Ibu ibu balita disini (bontang kuala) sangat antusias dan kami tetap menerapkan protokol Covid,” kata Nunung, Ketua posyandu Mutiara Bontang Kuala.

Nunung menjelaskan jika dalam layanan Rutin tetap menerapkan protokol pencegahan covid 19, seperti tersedianya cuci tangan dan menyusun jadwal kunjungan agar tidak terjadi penumpukan bagi ibu dan balitanya di posyandu.

“kesadaran masyarakat tentang covid juga sudah bagus, mereka secara sadar ada yang bawa handseniteser sendiri, dan tidak berkerumun,” jelasnya.

Dijelaskan dalam masa pandemi seperti saat ini tidak mendapatkan kendala namun ada beberapa masyararakat. yang masih menganggap sebelah mata pelayanan posyandu dan lebih memilih untuk meriksakan rutin balitanya ke Rumah sakit

“dukanya paling ada satu dua orang yang menganggap layanan posyandu itu disepelehkan, tapi itu ngga banyak,” ungkapnya.

Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan secara rutin tiap bulannya ini bertujuan untuk mengecek dan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan dari para balita.

Nunung berharap kepada para orang tua yang memiliki balita supaya meningkatkan kesadaran untuk aktif menjaga kestabilan kesehatan putra putrinya dengan rutin ikut penimbangan berat badan agar dapat dikontrol apakah berat badannya naik apa turun,hal ini penting untuk mengetahui agar balita tidak mengalami gizi buruk. Selain Pemberian Makanan Tambahan ( PMT )

“Kegiatan posyandu mutiara selama ini berjalan baik sesuai tupoksi kami, dan Alhamdulillah kader kadernya juga aktif,” ungkap nunung

Posyandu Mutiara. Dalam Setiap kegiatan nya selalu menyempatkan untuk memberikan informasi pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dimasa pandemi covid 19, selain itu penyampaian informasi tentang upaya pencegahan Stunting.

“semua kami sasar, dan beberapa yang menjadi perhatian khusus kami juga dalam pencegahan stunting dan gizi buruk terhadap balita,” ujarnya.

Nunung menambahkan jika kontribusi Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Pihak Kelurahaan Bontang Kuala selama ini sangat dirasakan manfaatnya, namun ia berharap Program bantuan yang selama ini dirasakan manfaatnya oleh Posyandu Mutiara bisa terus Ditingkatkan.

“alhamdulillah, dari puskesmas Bontang utara selalu melakukan pelatihan memberikan penghargaan kader teladan, ada juga program sertifikat asi bagi bayi, dan terkhir yang paling kader kader senang itu, dibawa rekreasi,” ungkap nunung.

Sementara Kepala Puskesmas Bontang Utara Erwin menjelaskan jika dalam penyesuain dana bantuan untuk 34 Posyandu diwilayahnya melakukan koordinasi dengan kelurahan Setempat untuk mengupayakan penyertaan pendanaan posyandu dalam musrembang.

Dalam hal penanggulangan kasus dari laporan kader posyandu akan dilakukan berjenjang dengan memantau dari awal laporan laporan dari pihak posyandu dengan melihat hasil riwayat pemeriksaan bayi dan balita.

“mengenai tindak lanjut dari laporan posyandu, sbenarnya sudah bisa kami deteksi awal asal ibunya rutin melakukan timbang maksimal 8 bulan setiap Tahun,” jelasnya.

“asal tidak double aja kegiatannya, kami dari pihak puskesmas akan berkoordinasi dengan kelurahan di musrembang,” pungkas erwin.

Idealnya seoarang bayi dapat melakukan pemeriksaan rutin 12 kali dalam setahun, dalam masa perkembangan tumbuh kembang nya, balita akan mendapatkan imunisasi lengkap yaitu, BCG untuk mencegah tuberculosis, Imunisasi DPT atau DpaT dilakukan untuk mencegah 3 penyakit yaitu Difteri, Pertusis dan Tetanus. Vaksin campak atau Measles Rubella (MR), Vaksin Polio.

Tinggalkan Komentar