Apresiasi Balita ASI Eksklusif, Puskesmas di Bontang Berikan Sertifikat Penghargaan

Apresiasi Balita ASI Eksklusif, Puskesmas di Bontang Berikan Sertifikat Penghargaan.

Bontang, PANRITA.News – Puskesmas Bontang Utara I memberikan sertifikat penghargaan kepada para bayi di bawah lima tahun (balita) yang telah menjalankan program pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan berturut-turut. Penyerahan sertifikat ini dilakukan saat bertepatan dengan momen Hari Kesehatan Nasional (HKN) beberapa waktu lalu.

“Ini sebagai apresiasi juga kepada masyarakat khususnya para ibu teladan yang telah lulus dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya,” ujar Kepala Puskesmas Bontang Utara I, drg Erwin Wahyudiono, Jumat (27/11/2020).

Selain sebagai penghargaan kata dia, pemberian sertifikat ini juga diharapkan bisa mendorong warga yang lain agar melakukan hal yang sama. Pelaksanaan di lapangan kata Erwin, para ibu yang telah melahirkan, dikontrol dan dipantau secara rutin oleh kader yang ada di posyandu wilayah kerja masing-masing. Bahkan sejak sebelum hamil kata dia, edukasi sudah diberikan. Sehingga ketika melahirkan, sang ibu menjadi tahu pentingnya memberikan ASI eksklusif kepada di buah hatinya. “Jadi tidak semerta-merta ketika lahir baru tahu,” bebernya.

Puskesmas Bontang Utara I kata Erwin, telah menerapkan inovasi ini sejak 2013 lalu. Hal ini berawal dari minimnya partisipasi ASI eksklusif di wilayah kerja mereka. Sehingga harus ditingkatkan agar indicator kesehatannya juga tercapai. Dengan adanya sertifikat penghargaan ini juga diharapkan sang anak ketika dewasa nanti, bisa menjadi kenang-kenangan bahwa orang tua mereka telah memberikan kasih sayang yang maksimal kepadanya.

Tinggalkan Komentar