Dinkes Bontang Prioritaskan Layanan Kesehatan Ibu Hamil KEK

Ilustrasi.

Bontang, PANRITA.News – Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Bontang akan memberikan layanan prioritas, untuk ibu Hamil dengan Masalah Kekurangan energy kronis atau di sebut KEK.

Fokus layanan untuk ibu hamil kek akan mendapatkan pemantaun selama tiga bulan berturut turut, karena menurutnya potensi gizi buruk dan stunting harus dilakukan upaya pencegahan pada masa hamil.

Hal tersebut disampaikan Nur Asma, S. KM. M. Kes. Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kota Bontang usai melakukan Rapat Monitoring bersama Pihak Dinkes Provinsi Kalimantan Timur di Ruang pertemuan Puskesmas Bontang Utara I Jumat (27/11/2020).

“kalo masalah ibu hamil KEK, itu prioritasnya 3 bulan kami pantau.” ujarnya.

Yang paling penting menurutnya, adalah fokus pembinaan perilaku pola asuh ibu hamil dan menyusui serta kesadaran manfaat rutin memeriksakan kehamilan untuk mengetahui tumbuh kembang janin agar menghindari ibu hamil kek.
kondisi ini berpotensi membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil sendiri.

“ibu hamil kadang abai, dan menganggap timbang saat Hamil itu tidak terlalu penting,” ungkapnya.

Dalam upaya layanan kesehatan di tengah wabah pandemi covid-19 ini iya meminta ibu hamil dan menyusui agar intens berkomunikasi dengan pihak kader posyandu ataupun puskesmas agar rutin mendapatkan kunjungan.

“ya itu dia, masa Pandemi ibu hamil yang biasanya rutin ke posyandu ataupun Puskesmas, sekarang jarang.”

KEK merupakan kelelahan luar biasa yang menyebabkan penderitanya merasa tidak sehat dan tetap merasa lelah meski sudah beristirahat

KEK pada ibu hamil sebenarnya dapat diindentifikasi dengan melakukan pemeriksaan ke Layanan Kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas Klinik dan Rumah Sakit.

“jadi ibu hamil jangan takut untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan.” Tutupnnya.

Untuk diketahui KEK pada ibu hamil dapat berisiko menyebabkan beberapa kondisi bayi lahir dengan berat badan rendah,kekurangan nutrisi yang parah juga bisa saja menyebabkan ibu hamil keguguran. Ibu hamil mengalami preeclampsia.

Untuk mencegah KEK saat hamil, Bumil harus menjaga pola makan dengan baik, Pastikan makanan yang Bumil konsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Tinggalkan Komentar