Kasus Kerap Naik Turun, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19 Bontang

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Bontang Adi Permana.

Bontang, PANRITA.News – Kasus covid-19 di Bontang kerap mengalami kenaikan dan penurunan baik pada pasien positif Covid-19 maupun pasien yang sembuh.

Di beberapa kasus, dalam satu hari angka kesembuhan mengalami peningkatan yang cukup dignifikan. Sementara di sisi lain, angka bertambahnya pasien positif juga tak kalah bertambah.

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Bontang Adi Permana menjelaskan, angka kasus baru mudah terjadi karena pada dasarnya Bontang memang sudah mengalami transmisi lokal. Untukitu perlunya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Untuk itu kami tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk disiplin prokes. Karena ini demi kebaikan bersama,” ungkap Adi, Kamis (26/11/2020).

Di sisi lain, Adi juga memaparkan faktor-faktor penanganan Covid-19 di Bontang menunjukkan tren positif. Untuk melakukan tracing kata dia, ada standar bakunya. Dan ini telah ditetapkan Kemenkes. Daerah dikatakan baik apabila mampu melakukan testing rapid test dengan proporsi satu per seribu (1/1000) dalam seminggu. sudah di angka lima per seribu (5/1000).

Bila di rata-rata, sekitar 200 test per pekan. Akumulasi rapid test sudah 17 ribu dari total populasi di Bontang, atau sekitar 26 ribu orang. Sementara untuk test swab PCR sudah mencapai 9,5 persen atau 17 ribu orang. “Makanya dinilai baik karena Bontang sudah melampaui target yang ditetapkan itu,” tukas Adi.

Tinggalkan Komentar