Pembelajaran Tatap Muka Bakal Dibuka Kembali, Dinkes Siap Kawal Prokes di Sekolah

Bontang, PANRITA.News – Pemerintah menggulirkan wacana dibukanya kembali sekolah tatap muka mulai Januari 2021 mendatang. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.  

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Saparuddin mengatakan, pada dasarnya Bontang telah siap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat di sekolah. 

Salah satu opsi yang dicanangkan adalah memilih beberapa sekolah sebagai percontohan. Meski dibolehkan melakukan pembelajaran tatap muka kata dia, namun bukan berarti hal tersebut diwajibkan. Menurutnya, hal tersebut tetap disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. “Dan harus ada persetujuan dengan komite sekolah,” terangnya, Senin (23/11/2020). 

Yang tak kalah penting, syarat Prokes yang telah ditetapkan Kemenkes RI harus benar-benar dijalankan. Saparuddin mengakui, kebijakan ini pasti menimbulkan pro dan kontra di wali murid. Namun kata dia, semua ini masih bisa dipertimbangkan.

Menanggapi hal tersebut, Kadinkes Bontang, dr. Bahauddin menyampaikan, siap mendukung proses pembelajaran tatap muka.

namun dinkes bukan dalam hal yang menentukan bisa tidaknya pelaksanaan  proses belajar tatap muka di Kota Bontang.

Menurutnya, Dinkes akan melakukan pendampingan terhadap sekolah sekolah yang akan melakukan proses belajar tatap muka.

“Kami siap mendukung upaya pemerintah terkait proses tatap muka,” ujarnya.

Bahauddin menjelaskan dinkes bontang akan mengawal proses pembelajaran tatap muka untuk memastikan  protokol kesehatan diterapkan.  

“Bentuk dukungan kami yah, memastikan proses belajar tatap muka, tetap dengan ptotokol pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Bahauddin menjelaskan jika dalam proses pembelajaran akan melakukan evaluasi untuk menjadi masukan bagi dinas pendidikan.

“Nanti kami siapkan semacam tim untuk melakukan evaluasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar