BPHAM IKA Fakultas Hukum UMI Gelar Dialog Soal Refleksi HAM

BPHAM IKA FH UMI Gelae Dialog Soal Refleksi Hak Asasi Manusia.

Makassar, PANRITA.News – Puluhan oraganisasi kepemudan menghadiri Dialog Publik yang bertajuk “Refleksi HAM Menuju Kesejahteraan Rakyat”, Sabtu (7/11/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengembangan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia” atau di singkat (BPHAM IKA FH UMI) yang diketuai oleh Andi Cibu M, yang juga sebagai Mahasiswa candidat doktor muda di UMI.

Dialog berlangsung dengan dipandu oleh Ilham Ashari sebagai moderator, juga narasumber dari Ketua PBHI Sulsel, Kementerian Hukum dan HAM serta Ketua BPHAM IKA FH UMI.

Acara tersebut berlangsung sangat aktif dengan tanya jawab antara narasumber dan peserta dialog.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPHAM IKA FH UMI, Andi Cibu M, menjelaskan keberadaan HAM tak lain adalah untuk mencapai kesejahteraan.

“Bahwa HAM sebetulnya adalah manifestasi rakyat untuk menuju kesejahteraan, karena hak asasi manusia juga memuat tentang ekonomi, sosial, budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit P3 kanwil KUMHAM, menjelaskan HAM meruapak hakikat yang melekat pada setiap manusia yang tidak dapat diganggu gugat.

“Sesuai dengan UU No. 39 tahun 1999 menjelaskan bahwa hak asasi adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat budaya manusia yang tidak dapat di ganggu gugat,” paparnya.

Selain itu, Ketua PBHI Wilayah Sulawesi Selatan Abdul Aziz Saleh mengatakan, “Tujuan bernegara itu salah satunya welfare state atau negara berkesejahteraan jadi untuk apa kita bernegara kalau masyarakatnya tidak sejahtera,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar