Pemkab Selayar Terima Kunjungan Kerja Pansus DPRD Sulsel

Pemkab Selayar Terima Kunjungan Kerja Pansus DPRD Sulsel.

Selayar, PANRITA.News – Mewakili Pjs. Bupati Kepulauan Selayar, Asisten Administrasi Setda Kepulauan Selayar Drs. Dahlul Malik, M.H., menerima rombongan kunjungan kerja dari Pansus DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis (8/10/2020).

Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan H. Syahruddin Alrif (fraksi Partai Nasdem), didampingi ketua Pansus Andi Januar Jauri Darwis bersama anggota, juga dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP mewakili Pemerintah Provinsi.

Dalam kunjungan kerja itu akan melakukan studi banding terkait penyusunan Ranperda Provinsi Sulawesi Selatan tentang pemberian insentif dan kemudahan berinvestasi.

Asisten Administrasi Dahlul Malik dalam sambutan penerimaannya menggambarkan perda tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Pada perda itu, dari sisi pajak dan retribusi bagi yang berinvestasi bisa kita sampaikan 75 persen, tetapi lebih prioritas lagi kalau tenaga kerja yang terserap itu adalah tenaga kerja lokal,” paparnya.

Namun demikian, karena izin perikanan itu sudah ada di provinsi, sehingga tidak ada lagi retribusi pajak yang bisa ditarik oleh Pemerintah Daerah. Olehnya itu Asisten Administrasi mencoba bernarasi agar dikemudian hari ada juga mengalir ke daerah, meski itu bukan dari segi pajak dan retribusi, setidaknya terkonversi dalam bentuk bantuan.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, saya mengucapkan terima kasih karena pansus DPRD Sulsel memilih Selayar menjadi lokus kunjungan kerja untuk menelaah perda yang kami terapkan,” kata Dahlul Malik.

Sedangkan plt. Kadis Penanaman Modal dan PTSPTK Selayar Muhammad Arsyad mengemukanan bahwa Pemerintah bersama DPRD Kepulauan Selayar telah menetapkan Perda No. 4 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal. Satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan yang telah memiliki Perda terkait insentif dan kemudahan penanaman modal.

“Kami telah melaksanakan dengan baik amanah Perda ini khususnya dari aspek kemudahan. Dan Alhamdulillah boleh dikatakan sangat berdampak positif merangsang atau meningkatkan minat calon investor untuk berinvestasi di Selayar,” Kata Muhammad Arsyad.

Muhammad Arsyad menambahkan Terkait untuk lebih mengenalkan potensi dan peluang investasi yang luar biasa di Selayar, maka diharapkan dukungan Provinsi untuk mengikutkan Selayar dalam setiap event promosi investasi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sedangkan Wakil Ketua Pansus Andi Jauri Januar menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar atas penyambutannya yang telah berkenan untuk melakukan diskusi bersama.

Harapannya dari diskusi itu memperkaya muatan dari Perda yang akan disusunnya ke depan.

Tinggalkan Komentar