Pandemi Covid-19 Jangan Surutkan Semangat Literasi Masyarakat

Pandemi Covid-19 Jangan Surutkan Semangat Literasi Masyarakat

Pandemi Covid-19 Jangan Surutkan Semangat Literasi Masyarakat.

Makassar, PANRITA.News – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Moh Hasan Sijaya, membuka secara resmi acara Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca Tahun 2020, di Arthama Hotel Losari Makassar, Selasa, (22/9/2020).

Acara yang mengangkat tema Membangun Gerakan Literasi Yang Inovatif di Masa Pandemi Covid-19 tersebut dihadiri sekitar 150 orang peserta, yang merupakan penggiat literasi di Kota Makassar.

Moh Hasan mengatakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan literasi, dengan terus mendorong peningkatan minat baca masyarakat.

“Situasi pandemi Covid-19 ini tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk tetap berkegiatan. Justru kita harus berpikir kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan gerakan literasi di masyarakat. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada,” katanya.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan gerakan literasi di masa pandemi. Apalagi saat ini paradigma perpustakaan telah mengalami perubahan dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Perpustakaan bukan lagi sekedar tempat membaca dan meminjam buku semata, tetapi lebih dari pada itu, perpustakaan telah menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat. Ini yang perlu kita kembangkan,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan perlunya koordinasi kerjasama dari berbagai pihak untuk membangun gerakan literasi. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, terus mendorong peningkatan kreativitas, sinergi, dan kerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada, untuk membangun gerakan literasi yang inovatif.

Tinggalkan Komentar