Pengiriman Barang Melalui Peti Kemas dari Selayar Resmi Dilaunching

Pengiriman Barang Melalui Peti Kemas dari Selayar Resmi Dilaunching

Pengiriman Barang Melalui Peti Kemas dari Selayar Resmi Dilaunching.

Selayar, PANRITA.News – Pengiriman barang melalui peti kemas Selayar-Surabaya, Surabaya-Selayar resmi dilaunching oleh Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Dr. Eng. Lukijanto, S.T di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar, Sulawesi Selatan Rabu (9/9/2020).

Launching tersebut ditandai pemecahan kendi oleh Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, serta peninjauan driver container serta penandatanganan MOU antara PD. Berdikari dengan PT. INDO OIL perkasa dan PT Bumi Indo Jaya Gemilang.

Turut Hadir Bupati Kepulauan Selayar diwakili Sekda Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sulsel Jayadi Nas mewakili Gubernur Sulsel, Muhammad Basir mewakili Direktur Utama PT. Pelindo IV Makassar,Kapolres Kepulauan Selayar, Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Kajari Kepulauan Selayar Para kepala OPD serta seluruh undangan lainnya.

Sekretatis Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Marjani Sultan mengatakan momentum launching perdana pengiriman barang peti kemas Selayar-Surabaya dan sebaliknya dapat merefleksikan perjalanan panjang daerah yang kita cintai ini, serta adanya keinginan yang kuat dari segenap komponen masyarakat, untuk mengembalikan eksistensi dan kejayaan Selayar.

“Dari sisi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya, dapat kembali diperhitungkan dalam konteks regional, nasional bahkan internasional dengan modal utama keuggulan potensi daerah, lebih khususnya lagi yaitu posisi strategis Selayar pada episentrum bahari nusantara,” kata Marjani Sultan mewakili Bupati Kepulauan Selayar.

Marjani Sultan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretaris Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI dan PT. Pelindo IV (Persero) dan rombongan lainnya atas kesediaannya berkunjung ke Bumi Tanadoang Selayar.

“Pemerintah dan masyarakat Kepulauan Selayar, sangat memahami , bahwa kita semua begitu peduli terhadap Masyarakat Kepulauan Selayar,” ucap Marjani Sultan.

Sementara Muhammad Basir dari PT. Pelindo IV (persero) Makassar mengatakan masuknya kapal container “Semangat Mas” patut sepenuhnya untuk disupport sebagai mitra strategis.

“Namanya juga baru dimulai, sudah pasti ada hambatan, tapi saya yakin dan percaya ini adalah suatu pemicu perkembangan ekonomi Selayar,” kata Muhammad Basir.

Menurutnya pengiriman barang hasil bumi dan laut melalui peti kemas sangat luar biasa, karena mengakibatkan bukan hanya konektivitas antar wilayah, tetapi ke depannya berpotensi pada konektivitas antar negara.

“Mari kita terus bersinergi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Selayar,” imbuhnya.

Kadis PTSP Sulsel Jayadi Nas menilai pengapalan barang komoditi hasil bumi dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Itu adalah bagian dan visi dan misi Pemprov Sulsel yaitu bagaimana melakukan inovasi dan bagaimana membuat pusat -pusat pertumbuhan ekonomi baru, jadi jangan dianggap lanching ini sebagai tujuan tetapi ke depan akan muncul inovasi-inovasi baru. Mudah-mudahan dengan peluncuran perdana pengiriman barang melalui peti kemas, ekonomi masyarakat semakin membaik,” terangnya.

Tinggalkan Komentar