2 Tahun Kepemipinan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Raih Dua Kali Opini WTP

2 Tahun Kepemipinan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Raih Dua Kali Opini WTP

2 Tahun Kepemipinan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Raih Dua Kali Opini WTP.

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) di bawah kepemimpinan Gubernur – Wakil Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman, kembali berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Dua tahun kepemimpinan Nurdin Abdullah – Andi Sudirman, tetap bisa mempertahankan opini WTP.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD diterima Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, yang diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Sulsel, Wahyu Priono, di Kantor Perwakilan BPK Sulsel di Jalan Pettarani, Selasa, 7 Juli 2020.

“Kita bersyukur. WTP ini bukan hal yang mudah kita dapatkan. Makanya kita terus lakukan penyempurnaan. Kita berharap WTP itu bukan lagi menjadi tujuan kita, tetapi WTP itu apresiasi atas kinerja kita,” kata Nurdin Abdullah.

Ia menilai, BPK telah bekerja secara profesional. WTP 10 kali berturut-turut bukanlah hal yang mudah. Peranan BPK sangat penting, agar tidak terjadi masalah persoalan keuangan dalam pengelolaan keuangan negara.

Nurdin Abdullah menekankan, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Sulsel juga semakin dikuatkan sehingga mendukung kinerja BPK lebih baik. Ia ingin audit internal dilakukan setiap tiga bulan agar semakin sempurna.

Menurutnya, persoalan keuangan bukan hanya soal pertanggungjawaban, tapi asas manfaatnya juga sangat penting.

“Bukan hanya sekadar belanja terus kita pertanggungjawabkan, bukan. Misalnya APBD Rp 10 triliun yang kita miliki di Sulsel, apa yang kita sudah hasilkan. Bagaimana impactnya terhadap kesejahteraan, terhadap ekonomi, kenyamanan masyarakat, layanan publik, dan sebagainya,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh elemen Pemerintah di Sulsel melihat APBD itu bukan untuk dihabiskan. Tapi bagaimana APBD ini menghasilkan dan mensejahterakan masyarakat.

Tinggalkan Komentar