Bahas Capaian Kinerja, Anggota DPRD Sulbar Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan

Bahas Capaian Kinerja, Anggota DPRD Sulbar Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan

Mamuju, PANRITA.News – Anggota DPRD Sulbar yang tergabung dalam komisi IV, masing-masing Muh Jayadi, H Sudirman, Sukardi M Nur, Risban Berlian, dan Irbat, menggelar rapat koordinasi bersama para kepala bidang lingkup Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulbar.

Rapat koordinasi ini membahas agenda evaluasi kinerja terhadap Dinas Diknas Sulbar dan berlangsung di gedung DPRD Sulbar lantai tiga, Selasa (9/6/2020).

Ketua Komisi IV DPRD Sulbar, H Sudirman, menyatakan, dalam kegiatan ini dilakukan evaluasi terhadap kinerja pada Dinas Diknas Sulbar.

Sekaligus mengetahui sejauh mana program dan kegiatan yang telah dicapai pihak Dinas Diknas Sulbar. ”Kita mau mengetahui sejauh mana pelaksanaan rekomendasi yang disampaikan kepada Dinas Diknas Sulbar pada tahun 2019,” ujar H Sudirman.

Sekretaris Dinas Diknas Sulbar, Ashar, mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bulan Juli ini sudah keluar. Tanggung jawabnya ada pada kepala sekolah. ”Insya Allah DAK ini akan dikelola dengan baik,” ujar Ashar.

Untuk pembangunan rumah adat Mamasa, telah dikembalikan anggarannya, maka tidak dilaksanakan pada kegiatan tahun 2020 ini. Dan untuk GTT dan PTT sampai saat ini, belum ada keputusan SK gubernur. Sehingga belum dilakukan tindak lanjut kepada 1.200 orang lebih.

Kepala Bidang SMA Dinas Diknas Sulbar, Burhanuddin Buhari, menjelaskan, bidang SMA tahun 2020 ada kegiatan lomba. Hanya saja, kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan akibat refocusing. Hanya saja, DAK yang tidak mendapatkan refocusing, maka dalam tahap pertama 21 Juli ini harus dicairkan pada anggaran DAK tersebut,” paparnya.

Tentang pengelolaan DAK ini, menurut Burhanuddin, dikelola sekolah dan dilakukan sinkronisasi pada usulan tersebut. SK dan pelaksanaan di lapangan itu, dilakukan berdasarkan acuan pada pembangunan ruang belajar. Dan ini direncanakan pada bidang sekolah.

Anggota DPRD Sulbar, Muh Jayadi, SAg. SH. MH, menyampaikan pandemi Covid-19 telah memberi dampak. Tidak saja pada bidang kesehatan, tapi juga ekonomi masyarakat. Sementara pandemi ini tidak diketahui sampai kapan akan berakhir.

Untuk itu, Jayadi mengharapkan kepada dinas yang menjadi mitra komisi IV DPRD Sulbar agar menjalankan program yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam LKPJ itu ada merekomendasikan pada sarana dan prasarana sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Muh Jayadi juga menyinggung untuk segera diisi jabatan kepala sekolah yang masih kosong untuk mengganti pelaksana tugas (Plt). ”Seseorang juga jangan terlalu lama menjabat kepala sekolah. Untuk itu, perekrutan calon kepala sangat kita harapkan untuk dapat dilakukan sesegera mungkin,” ujar Muh Jayadi.

Sementara untuk kegiatan yang bersumber dari dana DAK, maka dibutuhkan cara kerjanya aplikasi Krisna. ”Kita harapkan dalam pengelolaan dana DAK ini tidak terlambat. Karena akan merugikan kita jika ini kurang maksimal di jalankan,” tegas Jayadi.

Muh Jayadi meminta kepada pihak Dinas Diknas Sulbar agar secepatnya melaksanakan kegiatan atau program yang terkait dengan penggunaan DAK. Sehingga masyarakat juga bisa secepatnya merasakan atau menikmati keberadaan program tersebut.

”Dengan kehadiran para kepala bidang yang ikut menyampaikan kinerja yang telah dilaksanakan dengan menindaklanjuti pada rekomendasi hasil pengawasan yang dilakukan DPRD Sulbar, kami mengharapkan dapat ditindaklanjuti dan dapat diselesaikan,” ungkap H Muh Jayadi SAg. SH. MH di hadapan para peserta rapat Dinas Diknas Sulbar di gedung DPRD Provinsi Sulbar. (Adv)

Tinggalkan Komentar