Hari Buruh di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Harapan AYP

Andi Yuslim Patawari. (Ist)

Andi Yuslim Patawari. (Ist)

Makassar, PANRITA.News – Peringatan Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei hari ini, terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Problem kesejahteraan para buruh masih menjadi isu sentral di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19.

Nasib para buruh di tengah pandemi virus corona sangat memprihatinkan. Banyak perusahaan terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Terkait hal itu, mantan Ketua KNPI Pusat Andi Yuslim Patawari (AYP) mengatakan peringatan Hari Buruh kali ini di tengah pandemi virus Corona menjadi momentum introspeksi bersama untuk menjalin harmonisasi pekerja dan pengusaha.

“Tuntutan kompetensi terhadap buruh tidak bisa dipungkiri sangat penting di era kompetisi yang sangat ketat. Para pekerja dalam semua levelnya harus memiliki kompetensi berdasarkan bidangnya masing-masing,” kata AYP yang juga Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini, Jumat (1/5/2020).

Mantan Ketua LSP Politani Pangkep ini berharap Pemerintah bersama stakeholder lainnya mendirikan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dibawah naungan BNSP, sehingga kompetensi pekerja semakin meningkat sehingga pengusaha atau perusahaan memberi kompensasi dalam bentuk gaji/insentif yang layak sehingga kesejahteraan para pekerja yang muaranya akan melahirkan kesejahteraan.

“Hal ini (sertifikasi pekerja) saya pikir sangat penting. Saat ini sudah ada (LSP), tapi mau diperbanyak agar lebih banyak TUK (Tempat Uji Kompetensi). Sehingga kedepan tak ada lagi buruh yang menerima gaji dibawah standar kelayakan. Dan tentunya kita berdoa agar wabah virus corona ini bisa cepat berlalu dan para buruh bisa kembali bekerja,” harap AYP. 

Tinggalkan Komentar