Selayar Konfirmasi Kasus Pertama Positif Virus Corona

Selayar Konfirmasi Kasus Pertama Positif Virus Corona

Basli Ali memberikan keterangan pers di posko Gugus Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Selayar.

Selayar, PANRITA.News – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali mengumumkan secara resmi kasus pertama positif Virus Corona atau covid-19, Selasa (28/4/2020) malam.

Pasien inisial NH (52) alamat Dusun Pajalayya Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai, Kepulauan Selayar dinyatakan positif Virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan real time PCR Balai Besar Laboratorium Kesehatan (GBLK) Makassar.

Pasien tersebut saat ini dirawat di RSUD KH. Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar, yang merupakan pasien pertama positif covid-19 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pasien tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari Makassar ke Kabupaten Kepulauan Selayar dengan pesawat Wings Air pada hari Jumat 24 April 2020.

Untuk itu H. Muh. Basli Ali meminta kepada seluruh penumpang Wings Air baik yang datang maupun berangkat untuk melakukan isolasi sesuai protokol kesehatan.

Untuk penumpang yang dari Makassar kata Basli Ali disiapkan tempat isolasi oleh Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan sesuai dengan protokol kesehatan.

Basli juga meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga jarak dengan orang lain satu sampai dua meter, menghindari keramaian dan selalu memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin dengan bersih selama 20 detik, dan menghindari menyentuh mulut, muka dan hidung sebelum mencuci tangan serta menggunakan handsanitizer bila tidak ada sarana cuci tangan.

Selain itu, kata Basli, masyarakat diminta menjaga imunitas tubuh dengan tetap tenang, tetap ceria, tidak panik, makan makanan bergizi seimbang, beraktivitas Fisik atau berolahraga teratur minimal 30 menit sehari, berjemur atau terkena sinar matahari minimal 15 menit setiap hari dan istrahat yang cukup.

“NH ini memang positif Covid-19. Namun, informasi yang disampaikan oleh para tenaga kesehatan bahwa NH sudah melewati masa inkubasi dan sudah mengarah ke semakin membaik untuk sembuh,” jelas Basli.

Tinggalkan Komentar