Update Virus Corona di Sulsel: ODP 1.900, PDP 172, Positif 80

Ilustrasi -- Penanganan pasien virus corona (AP Photo)

Ilustrasi -- Penanganan pasien virus corona (AP Photo)

Makassar, PANRITA.News – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) memperbarui data terbaru terkait virus Corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Pasien positif Corona di Sulsel hingga saat ini bertambah menjadi 80 orang.

Dari jumlah tersebut, 9 orang sudah dinyatakan sembuh, 6 orang meninggal dunia dan 65 lainnya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulsel.

Update data virus Corona di Sulsel ini disampaikan di situs resmi Sulsel Tanggap Covid-19 pada Sabtu (4/4/2020) pukul 14.27 Wita.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr. Ichsan Mustari, penyebaran virus corona tergantung kepadatan penduduk. Di Sulsel terdapat 7 juta penduduk, sehingga terdapat banyak kontak yang memungkinkan kasus Covid-19 bisa naik.

“Itu karena sosial distancing masih belum ada, budaya yang melibatkan banyak orang masih dijalankan,” kata Ichsan, dikutip Antara pada konferensi pers via online Jumat (3/4) malam.

Selain itu, Ichsan mengatakan, angka kasus ini sekaligus memperlihatkan kinerja Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel untuk melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang telah kontak dengan pasien positif corona.

“Ini menjadi tanda, migrasi manusia dibatasi karena jumlahnya ini sekarang sudah banyak mengarah ke transmisi lokal,” ujarnya.

dr Ichsan juga kembali menekankan agar masyarakat tidak mengabaikan prilaku jaga jarak atau physical distancing. Virus corona menular lewat percikan kecil atau droplet yang keluar melalui hidung dan mulut orang sakit. Kontak dekat dengan orang positif dalam jarak kurang satu meter memungkinkan penularan virus.

“Inilah pentingnya harus selalu mencuci tangan. Kepatuhan dan kedisiplinan sangat penting agar bisa memutus mata rantai Covid-19” katanya.

Selain pasien positif, Pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulsel bertambah menjadi 172 orang. Sementara 150 orang masih dirawat, 12 dinyatakan sehat, dan 10 orang meninggal dunia.

Adapun, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Sulsel juga bertambah menjadi 1.900 orang dengan rincian sebanyak 1.738 masih dalam pemantauan dan 162 telah selesai pemantauan.

Tinggalkan Komentar