Darurat Virus Corona, Makassar Buka Kemungkinan Akan Lockdown

Ilustrasi pencegahan wabah virus corona (Shutterstock)

Makassar, PANRITA.News – Kota Makassar saat ini termasuk dalam status darurat virus Corona atau Covid-19.

Jumlah kasus Covid-19 di Sulsel yang dilihat di laman resmi covid19.sulselprov.go.id, kasus positif terbanyak terdapat di Makassar dengan angka 12 kasus.

Data tersebut dihimpun per Kamis (26/3/2020) pukul 10.43 Wita. Dari data tersebut, satu orang diantaranya meninggal dunia.

“Semenjak ada yang meninggal, Makassar sudah dalam status darurat,” kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat video conference dengan wartawan, seperti dikutip dari Detik, Kamis (26/3/2020).

Menurut Iqbal, tidak menutup kemungkinan Makassar akan melakukan lockdown parsial atau bahkan keseluruhan.

“Kemungkinan lockdown bisa parsial atau keseluruhan kalau terjadi lonjakan yang sangat besar mengingat Makassar wilayah transit,” terang Iqbal.

Kendati demikian, kebijakan lockdown harus dikoordinasikan dengan pemerintahan provinsi, mengingat Makassar adalah ibukota Provinsi Sulsel.

“Bukan keputusan pribadi tetapi keputusan pemerintah Sulsel karena ada Forkopimda,” ucapnya.

Selain itu, Iqbal mengungkapkan akan memperketat masuknya orang ke Makassar lewat jalur udara,laut, dan darat untuk mencegah pembawa virus Corona.

“itu jadi pertimbangan dan Pak Gubernur kan segera berkoordinasi dengan pihak otoritas bandara dan pelabuhan lebih perketat khususnya non barang dan logistik,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar