Mahasiswa KKN UINAM Desa Bontomacinna Bulukumba Sukses Gelar Seminar Program Kerja

Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Angkatan 62, Desa Bontomacinna Sukses Gelar Seminar Program Kerja.

Bulukumba, PANRITA.News – Puluhan masyarakat dan stakeholder Desa Bontomacinna, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba menghadiri seminar program kerja yang dilaksanakan Mahasiswa KKN angkatan 62 UIN Alauddin Makassar (UINAM), Jumat, (13/3/2020).

Sebanyak 9 Mahasiswa yang terdiri dari 4 laki-laki dan 5 perempuan ditugaskan untuk mengabdikan diri di Desa tersebut.

Seminar program kerja tersebut sukses berlangsung setelah Mahasiswa melakukan observasi di Desa itu selama tiga hari, mulai dari berkunjung ke fasilitas publik hingga mengunjungi rumah-rumah masyarakat.

Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa KKN Desa Bontomacinna, Fahmi Resky dalam sambutannya meminta kerjasama dari seluruh pihak yang terkait agar program yang dihasilkan dalam seminar ini berjalan dengan lancar dan sukses

“Kami hanya perantara untuk penyelenggaraan kegitan ini, kesuksesan setiap program kami tidak terlepas dari kerjasama kita sebagai penyelenggara dan masyarakat sebagai pelaksana,” ujar Mahasiswa Pendidikan Matematika UINAM ini.

Sementara itu, ketua BPD Desa Bontomacinna Sunardi S.Pd, mengungkapkan jika pihak pemerintah Desa Bontomacinna sangat mendukung penuh seluruh program kerja yang di seminarkan hari ini.

Adapun seminar yang berlangsung di Aula kantor Desa tersebut menghasilkan beberapa progam yang terbagi atas program kerja harian, mingguan dan bulanan.

Dari beberapa program kerja, bidang keagamaan yang paling menyita perhatian masyarakat, program tersebut berupa festival islami, penyelenggaraan jenasah, wakaf Al-Quran, pembentukan remaja masjid serta tahsin Al-Quran.

Dalam bidang sosial, program yang akan dilaksanakan berupa bakti sosial, fogging, pembuatan penanda rumah bagi stakeholder desa, pembuatan lokasi pin untuk lokasi desa di google maps, pelatihan cuci tangan yang baik dan benar, serta sosialisasi hewan qurban.
Dalam bidang pendidikan, mendidik anak-anak sekolah dasar, TPA dan rumah tahfis menjadi fokus utama mahasiswa KKN.

Kemudian dalam bidang kesenian mereka akan berencana membentuk sanggar seni yang kemudian akan bekerjasama dengan karang taruna Desa Bontomacinna.

Terakhir dalam bidang kepemudaan, usulan diberikan oleh salah satu perwakilan karang taruna Desa Bontomacinna berupa diadakannya dialog kepemudaan.

Tinggalkan Komentar