Mahasiswa KKN UIN Alauddin Akan Fokus Tingkatkan Budaya Literasi di Soppeng

Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Angkatan 63 di Desa Leworeng, Kecamatan Donri Donri, Kabupaten Soppeng.

Soppeng, PANRITA.News – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 63 akan fokus meningkatkan budaya literasi dan kelestarian lingkungan hidup di Desa Leworeng, Kecamatan Donri Donri, Kabupaten Soppeng.

Hal tersebut akan dilakukan setelah mereka melakukan observasi awal sebelum melakukan seminar program kerja.

Dari hasil observasinya, Mahasiswa KKN yang dikoordinatori oleh Nata Harianto ini berencana akan fokus untuk mengembangkan literasi dan kelestarian lingkungan hidup.

Menurut Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum ini, banyak dari masyarakat setempat yang tidak pandai dalam membaca serta kesadaran kritis sehingga dampaknya pada minimnya budaya literasi dan terjadinya pengrusakan lingkungan.

“Contohnya, banyak pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah namun itu hanya terfokus ke soal fisik namun kurangnya penyadaran kritis dan kecintaan terhadap lingkungan,” Jelas Nata Harianto.

Senada, salah satu warga setempat juga mengharapkan kepada Mahasiswa KKN ini agar dapat mengedukasi anak-anak di desa tersebut tentang pentingnya berliterasi agar adanya perubahan secara intelektual.

“Harapannya pasti melakukan program kerja yang dapat mengedukasi contohnya belajar bahasa inggris agar dapat mengetahui cara mengolah informasi untuk kecakapan hidup arau program-program yang mengedukasi masyarakat tentang kesadaran sosial dan kondisi Indonesia,” ungkapnya

Dukungan pun datang dari kepala Desa Leworeng, Rusdi, S.Sos. Ia sendir sangat mendukung segala program kerja yang akan dicanangkan dalam seminar nanti.

“Kami membebaskan mereka untuk membuat program kerja apa saja, asal bermutu dan demi kebaikan warga desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Asmaullah, yang juga Mahasiswa KKN di Desa tersebut mengatakan bahwa seluruh program kerja yang akan dilaksanakan setelah survei itu haruslah bermanfaat bagi warga sehingga fokus utamanya adalah pengembangan budaya literasi dan kelestarian lingkungan hidup.

“Para mahasiswa KKN di posko 7 ini wajib menawarkan program kerja yang bermanfaat, maka dari itu setelah kami melakukan survey dan pertimbangan yang matang, melihat dari disahkannya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 78 yang titik fokusnya adalah pembangunan berfokus di mulai dari desa dan hal itu membuat desa hanya terfokus ke soal pembangunan secara fisik, maka kami berinisiatif akan fokus di pengembangan literasi desa serta kelestarian lingkungan hidup dan Insya allah akan bermanfaat bagi warga setempat,” jelas Asmaullah yang juga tercatat sebagai kader di HMI Komisariat Adab dan Humaniora ini.

Tinggalkan Komentar