Gubernur Paparkan Capaian Sulsel di Hadapan Rombongan DPD RI

Rombongan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Makassar, PANRITA.News – Rombongan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Rombongan itu dipimpin oleh, Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti. Mereka berkunjung dalam rangka pengawasan atas pelaksanaan UU 22 tahun 2019 tentang sistem budidaya pertanian berkelanjutan.

Pertemuan tersebut berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Jendral sudirman Makassar, Selasa (11/2/2020). 

Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa semua yang menjadi kebutuhan Sulsel baik dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan yang paling penting soal dunia usaha atau investor. 

Di bidang pertanian Nurdin Abdullah menjelaskan bagaimana masalah yang dihadapi petani termasuk susahnya pasokan pupuk, obat-obatan, termasuk benih bagi petani perkebunan yang mengalami kekurangan pasokan benih coklat, karena bergantung dengan perbenihan di Jember. 

Di bidang perikanan Alhamdulillah di Sulsel sudah berhasil melakukan ekspor berkali-kali dan bersyukurnya Sulsel saat ini sudah melakukan ekspor langsung, tidak lagi melalui Surabaya dan Jakarta. Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Alhamdulillah kami sudah melakukan dark call hasil pertanian dan perikanan kita di Sulsel,” kata Nurdin Abdullah.

Sementara untuk sektor peternakan sendiri masih dalam proses pengembangan di beberapa wilayah, termasuk di Kabupaten Luwu Utara kecamatan Seko yang akan dijadikan pusat sapi. 

“Sulsel siap menjadi daerah lumbung daging nasional bahkan dunia, karena memiliki lahan yang sangat luar biasa untuk pemiliharaan sapi,” jelasnya. 

Sedangkan untuk sektor kehutanan sendiri masih memiliki kendala yang sangat serius, karena disebabkan petani palawija yang terus melakukan pengundulan hutan, dari tahun ke tahun, sampai saat ini air bingung mau kemana. 

“Mohon maaf banyak masalah yang kami sampaikan pada kesempatan ini yang paling penting kami berharap Kementerian Kehutanan untuk melakukan observasi hutan dan merawat hutan yang masih ada ini,” harapnya. 

Selain itu, Nurdin Abdullah juga menyampaikan betapa Sulsel terus berbenah untuk menata birokrasi sampai semua izin-izin tidak ada lagi yang dipersulit, semua perizinan diselesaikan dalam hitungan menit saja. 

“Tapi masih ada laporan dari bawah ternyata masih ada izin-izin yang masih terhambat dari Dirjen Kementerian. Kami berharap lewat kesempatan ini bisa disampaikan kepada kementerian yang terkait,” ungkapnya. 

Sementara itu, Lanyalla Mattalitti mengaku, sangat merespon positif semua harapan dan keluhan masyarakat Sulsel lewat Gubernur Sulsel. Kebetulan katanya, DPD RI dari empat komite memiliki mitra 11 Kementerian Republik Indonesia. 

“Semua yang disampaikan pak Gubernur, Ketua DPRD Sulsel, Kejati dan Kapolda Sulsel ini akan kami support dan menyampaikan langsung ke Kementerian terkait,” kata Lanyalla Mattalitti. 

Apalagi, mengenai pupuk, bibit coklat, dan masalah kehutanan akan di full up serius oleh DPD sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk membuat aturan.

Tinggalkan Komentar