Direktur BI Sulsel Temui Bupati Selayar, Ini yang Dibahas

Selayar, PANRITA.News – Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan Iwan Setiawan melakukan audiens dengan Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali di Rumah Jabatan Bupati, Kamis (6/2/2020).

Kepada Bupati, Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Iwan Setiawan menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka sosialisasi quick response Indonesia standard (QRIS) dan ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR) yang sementara berlangsung di Rayhan Resto dan Cafe.

Iwan Setiawan juga menyampaikan soal rencana BI untuk membentuk Tim Percepatan Digitalisasi Daerah (TPDD) di Kabupaten Selayar.

Quick Response Indonesia Standard kata Iwan Setiawan adalah salah satu kanal pembayaran digital. Secara detail diungkapkan bahwa penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

Selain itu kata Iwan, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel. Menurut dia, transaksi lebih efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali memyambut baik dengan program yang ditawarkan oleh BI, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal itu kata Basli Ali lebih efektif khsusnya dalam upaya peningkatan PAD, termasuk dalam upaya pencegahan terjadinya pungli.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Iwan Setiawan berharap agar program QRIS yang sementara disosialisasikan dapat segera dipahami oleh masyarakat.

“Digitalisasi itu adalah sebuah keniscayaan, jadi masyarakat Selayar harus dekat dengan dunia digital,” kunci Iwan Setiawan.

Tinggalkan Komentar