Gubernur Sulsel Ajak Stakeholder Jaga Ekosistem Laut

launching Garuda di Laut Ku, yang digelar TNI Angkatan Laut, di Gedung Wisma Negara,.

Makassar, PANRITA.News – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengajak stakeholder agar menjaga ekosistem laut di 330 pulau di Sulsel.

Ia menyampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan seluruh rombongan, bahwa Sulsel memiliki 330 pulau yang sangat indah untuk dinikmati.

Namun, ada yang sudah tidak bagus lagi terumbu karangnya, dikarenakan adanya proses pemboman ikan.

“Saya meyakini, pulau-pulau kami memiliki terumbu karang yang sangat indah sekali. Tapi terumbu karang kita banyak juga yang rusak akibat penggunaan bom,” kata Nurdin pada acara launching Garuda di Laut Ku, yang digelar TNI Angkatan Laut, di Gedung Wisma Negara, Jumat (17/1/2020) malam.

Nurdin Abdullah berharap, dengan adanya inisiatif dari TNI AL untuk memelihara terumbu karang bekerjasama dengan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar yang sudah terjalin ini, akan mudah untuk mengatasi kerusakan terumbu karang.

“Kalau pulau ini kita maksimalkan, saya yakin kesejahteraan masyarakat yang ada di pulau-pulau ini terjamin,” ungkapnya.

Pemprov Sulsel sendiri tentunya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada TNI AL, atas partisipasinya menjaga ekosistem laut di Sulsel.

“Pemprov menyampaikan terimakasih dan penyampaian yang sangat tulus, karena telah menggagas kegiatan dan ini mendapat pahala dari Allah SWT,” tuturnya.

Dirinya juga berharap semoga kegiatan semacam ini bisa diikuti oleh seluruh provinsi lain di Indonesia. Sebab pemeliharaan terumbu karang sangat penting untuk dilakukan.

Sementara, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, mengaku, kegiatan yang dilakukan TNI AL ini sangat luar biasa. Kegiatan ini juga bukan hanya simbolis.

“Bukan hanya simbolis saja, tapi harus dikerjakan dan diterapkan TNI Angkatan Laut beserta masyarakat, untuk melestarikan ekosistem laut dan menjaga bersama,” katanya.

Menurut Sukma Adji, acara ini dapat dijadikan titik awal untuk masyarakat kita, bagaimana menjaga ekosistem laut, khususnya di Sulsel. Karena, selama ini kerusakan ekosistem laut dari ulah manusia yang mengendepankan kepentingan pribadi.

“Saya mengapresiasi kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan dan seluruh Forkopimda, Ketua DPRD dan seluruh anak muda, juga akademisi. Karena siapa yang melindungi dan menjaga laut berarti dia menyediakan untuk generasi penerus,” pungkasnya. 

Tinggalkan Komentar