Viral Video Tanah Bergerak di Bogor, Ini Penjelasan BNPB

Foto: Pergerakan Tanah di Sungai Ci Durian Bogor.

Bogor, PANRITA.News – Sebuah video beredar yang menunjukkan fenomena tanah bergerak dan mengalir seperti sungai viral di media social.

Video yang berdurasi 29 detik tersebut menunjukkan tanah lumpur yang bergerak mengalir hingga menumbangkan sebuah pohon.

Dilansir dari bnpb.go.id dijelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Jasingan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (6/1/2020) di  Sungai Ci Durian Desa Ciberit, Sukajaya, Bogor Barat.

Pergerakan tanah telah terjadi satu hari sebelumnya setelah hujan deras pada malam hari yang mengakibatkan material longsoran ikut mengalir di Sungai Ci Durian pada pagi harinya.

“Sungai Ci Durian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa,” jelas Agus Wibowo Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulisnya di bnpb.go.id.

Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat khusunya yang tinggal di Kecamatan Curug Bitung atau yang tinggal di kawasan yang dilalui Sungai Ci Durian agar meningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Tinggalkan Komentar