Waspada, Ini Tiga Tempat Jadi Objek Sambaran Petir

Ilustrasi Petir.

Ilustrasi Petir.

Makassar, PANRITA.News – Masyarakat diimbau untuk mewaspadai saat beraktivitas di tempat terbuka saat cuaca buruk atau hujan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Agung Sudiono Abadi.

Dia mengatakan bahwa petir cenderung memilih tempat yang terbuka sebagai obyek sambarannya sehingga masyarakat perlu waspada saat beraktivitas di sana.

“Petir cenderung memilih tempat terbuka, obyek yang tinggi, dan tonjolan di permukaan bumi. Obyek tinggi bisa berupa tiang ataupun pohon, dan tonjolan bisa berupa bukit atau gunung maupun manusia, hewan, dan bangunan yang berada di tempat terbuka,” katanya, Minggu (8/12/2019) seperti dilansir dari Antara.

Penjelasan Agung tersebut menjawab pertanyaan daerah seperti apa yang rawan terkena sambaran petir dan perlu dihindari oleh masyarakat saat cuaca buruk atau hujan.

“Artinya, orang yang berada di tengah sawah, bermain bola di lapangan, maupun berlayar di atas kapal di lautan terbuka, dapat berpotensi menjadi obyek yang rawan disambar petir,” ungkapnya.

petir, kata dia, akan menyambar semuanya tanpa memilih-milih dan dapat menyambar beberapa objek sekaligus.

Karena itu, masyarakat harus selalu waspada pada kilatan-kilatan petir, saat berada di bawah pohon, tempat terbuka yang bisa menimbulkan potensi terjadinya petir.

Sebelumnya, sebanyak tiga warga di Kabupaten Pinrang menjadi korban sambaran petir beberapa hari yang lalu.

Peristiwa tragis itu terjadi di Desa Pincara, Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Selasa (3/12/2019).

Dari ketiga korban itu, satu di antaranya meninggal dunia. Sedangkan yang lainnya mengalami luka-luka.

Selain di Pinrang, seorang warga Tanaeja, Desa Beroanging, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto juga tewas tersambar petir pada (2/12/2019) lalu.

Udin Dg Ngitung (50) tersambar petir saat hendak membersihkan kebuh sebelum memasuki musim hujan.

Sesampai di kebun miliknya, hujan di wilayah Bangkala Barat turun disertai petir dan langsung menyambar Dg Ngitung.

Tinggalkan Komentar