NA – Adnan Kompak Sosialisasikan Rencana Revitalisasi Benteng Somba Opu

Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa di kegiatan Hari Jadi Gowa ke-699 Tahun.

Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa di kegiatan Hari Jadi Gowa ke-699 Tahun.

Gowa, PANRITA.News – Pada HUT ke-699 Gowa di Benteng Somba Opu, Minggu, 17 November, ribuan masyarakat yang hadir disajikan video terkait rencana desain revitalisasi Benteng Somba Opu.

“Kita sudah melihat tadi revitalisasi Benteng Somba Opu. Insyaallah kita akan wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Nurdin Abdullah.

Sedangkan pada kesempatan itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta juga menyampaikan harapan agar program Pemprov tersebut dapat disinergikan dengan program Pemkab Gowa.

“Alhamdulillah puncak peringatan hari jadi Gowa dilaksanakan di kawasan Benteng Somba Opu ini. Karena ini akan menjadi program utama Bapak Gubernur Sulsel, yang akan merevitalisasi kawasan Benteng Somba Opu secara keseluruhan,” paparnya disambut tepuk tangan.

Pemerintahannya mendukung rencana program tersebut dan berharap pembangunannya bisa berjalan baik dan lancar. Sehingga, kawasan Benteng Somba Opu ini bisa menjadi destinasi wisata andalan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel telah menyampaikan rencana untuk melakukan revitalisasi Benteng Somba Opu. Untuk revitalisasi ini, dibentuk tim yang terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Sulsel, TGUPP, Tim Ahli Cagar Budaya Sulsel, Tim Arsitek Nusantara, serta jajaran dinas terkait telah berkolaborasi dan menghasilkan gambar desain revitalisasi Kawasan Benteng Somba Opu.

Desain yang dihasilkan yakni merevitalisasi kawasan dan merestorasi Benteng Somba Opu yang merupakan lambang perjuangan Kerajaan Gowa melawan VOC Belanda. Selain itu, tetap mempertahankan bentuk dan struktur benteng. Hal ini sebagai pengingat bagi masyarakat Sulawesi Selatan akan kuatnya Benteng Somba Opu pada masa kejayaannya.

Nurdin Abdullah menyampaikan, akan ada desain baru, bagaimana sejarah perjuangan Benteng Somba dihadirkan. Sementara, di sepanjang sungai akan ditata rapi hingga ke hulu dan nantinya akan menjadi pusat rekreasi. Untuk akses jalan, dapat melalui Fort Rotterdam dengan menggunakan jalur laut.

Tinggalkan Komentar