Wacana Hak Angket, DPRD Takalar Pikir-pikir Gegara Bahas APBD

Wacana Hak Angket, DPRD Takalar Pikir-pikir Gegara Bahas APBD

Belasan orang mendatangi DPRD Takalar yang mengatasnamakan Group WhatsApp Diskusi Takalar, Kamis (31/10/2019) siang.

Takalar, PANRITA.News – Belasan orang mendatangi DPRD Takalar yang mengatasnamakan Group WhatsApp Diskusi Takalar, Kamis (31/10/2019) siang.

Kedatangan mereka dalam rangka menyampaikan hasil dan rekomendasi Rapat Akbar yang digelar beberapa hari lalu.

Ketua DPRD Takalar, Darwis Sijaya yang memimpin pertemuan mengatakan penyerahan dokumen hasil Rapat Akbar tersebut akan di pelajari.

“Kami akan pelajari terlebih dahulu. Soal Hak Angket apakah akan dilakukan atau tidak, tergantung hasil kajian seluruh fraksi,”kata Darwis.

Di tempat yang sama, Andi Noorzaelan dari Fraksi Takalar Hebat mengatakan Hak Angket dapat dilakukan jika kondisi memaksa.

“Hak Angket tidak mustahil dilakukan. Cuman sekarang, DPRD dihadapkan pembahasan APBD 2020. Jadi kita lihat dahulu.”tukas Andi Ellang, sapaannya.

Perwakilan Grup Distak, Imran AR Mursali menerangkan bahwa pihaknya sebenarnya pesimis dengan keberanian DPRD melakukan Angket.

“Di forum tadi kelihatan. DPRD tidak bisa dijadikan sandaran untuk memperbaiki keadaan di Takalar. Mereka takut kehilangan momentum di pembahasan APBD,” urai Imran.

Aktifis anti korupsi itu menambahkan bahwa pihaknya hanya menjalankan hasil rekomendasi Rapat Akbar.

“Kan masyarakat meminta DPRD melakukan Hak Angket. Aspirasi itu kami teruskan. Tapi beginilah DPRD kita. Mungkin kami akan perkuat pengawasan ke DPRD.”tutup Imran.

Untuk diketahui, Rapat Akbar yang diikuti ratusan orang beberapa waktu lalu, menghasilkan tiga poin penting. Yaitu, meminta Kemendagri mencabut status Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Bupati Takalar akibat mutasi yang amburadul.

Selanjutnya, Rapat Akbar meminta Aparat Penegak Hukum memeriksa Bupati Takalar akibat banyaknya penyelewengan APBD. Terakhir, meminta DPRD untuk membentuk Hak Angket untuk menyelidiki banyaknya pelanggaran di Pemkab Takalar.(*).

Tinggalkan Komentar