Tidak Terima Kabar Jatah Menteri NasDem, Surya Paloh Merasa Lucu

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh

Jakarta, PANRITA.News – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengaku, NasDem sebagai salah satu partai pengusung Jokowi-Ma’ruf, belum mengetahui berapa kursi jatah menteri yang akan didapatkan nantinya.

“Terus terang saja yang paling lucu ini. NasDem enggak dikasih tahu (dapat menteri apa). Belum, belum ada sampai hari ini,” kata Paloh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10)

“Belum ada bicara soal kursi kabinet, saya jujur pada kalian. Kalau pasukan di bawah tanya di kementerian mana, saya sebagai ketua umum enggak tahu,” imbuhnya.

Walaupun bertemu Jokowi beberapa waktu lalu, Paloh menegaskan tetap tak ada pembahasan terkait menteri.

Menyikapi kabar Partai Gerindra yang membuka kemungkinan bergabung dengan pemerintahan, Paloh menilai tetap perlu ada keseimbangan politik. Menurutnya, partai-partai non Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bisa menjadi pengawas pemerintahan dari luar.

Namun, sejauh ini Paloh belum mendapatkan kepastian apakah partai di luar KIK benar-benar akan bergabung dengan kabinet atau tidak.

“Bagaimanapun kita harus menjaga sistem check and balances. Kalau tidak ada lagi yang beroposisi, demokrasi berarti sudah selesai. Negara sudah berubah menjadi otoriter atau monarki ya kalau enggak ada oposisi,” tandasnya.

Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebelumnya bertemu pada Minggu (13/10) lalu. Keduanya menyatakan 3 kesepakatan politik, yakni memperbaiki citra politik, melawan radikalisme, dan amandemen UU 1945 harus dilakukan secara menyeluruh.

Tinggalkan Komentar