Formal Sulsel Tolak Kedatangan Wiranto di Makassar

Menko Polhukam Wiranto (Foto: ANTARA)

Makassar, PANRITA.News – Informasi yang dihimpun, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto
dijadwalkan berkunjung ke Makassar Senin (7/10/2019) malam.

Terkait kedatangannya tersebut, Forum Komunikasi Alternatif Pemuda (Formal) Sulawesi Selatan menegaskan menolak kedatangan Wiranto di Makassar.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Formal Sulsel Usman. Menurutnya Wiranto belakangan ini sering mengeluarkan pernyataan yang memicu kontroversi sehingga menimbulkan konflik.

“Kami dengan tegas menolak kedatangan Wiranto. Beberapa pernyataan Wiranto seperti menyebut pengungsi Ambon menjadi beban akibatnya membuat banyak orang merasa sakit hati,” tegas Usman, Senin (7/10).

Menurut Usman, kehadiran pemerintah terhadap berbagai masalah di negeri adalah suatu keharusan.

“Sebagai bahagian dari pemerintah, harusnya Wiranto bisa menciptakan suasana damai, bukan mengeluarkan pernyataan yang bisa memicu konflik,” sambung Usman.

Diketahui, pada 30 September lalu, Wiranto berharap pengungsi gempa Maluku tak terpengaruh hoaks adanya tsunami pascagempa di sana.

Wiranto menilai ketakutan tersebut membuat masyarakat terus mengungsi dan tak kembali ke rumah. Ia menilai hal tersebut menjadi beban pemerintah.

Namun, belakangan Menkopolhukam Wiranto meminta maaf kepada masyarakat Maluku atas pernyatannya yang menyebut pengungsi Ambon menjadi beban.

Padahal, menurut Wiranto, ia tak bermaksud menyebut pengungsi Ambon sebagai beban pemerintah. Namun demikian, ia tetap meminta maaf agar tak ada lagi pihak yang tersinggung.

Leave a Reply