Pj Sekda Barru Hadiri Rakor Pelaksanaan Program BPNT

Pj Sekretaris Daerah Kab. Barru Dr. Ir. Abustan

Pj Sekretaris Daerah Kabuapten Barru Dr. Ir. Abustan. (Ist)

Barru, PANRITA.News – Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial serta untuk mendorong keuangan inklusif, Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Provinsi sulsel dan Perum Bulog, menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pj Sekretaris Daerah Kab. Barru Dr. Ir. Abustan turut menghadiri rapat tersebut yang digelar di Aula Kampus 1 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulsel, Kamis (3/10/2019).

Penyaluran bantuan sosial non tunai dengan menggunakan sistem perbankan dapat mendukung perilaku produktif penerima bantuan serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program untuk kemudahan mengontrol, memantau, dan mengurangi penyimpangan.

Khusus untuk subsidi beras yang semula disalurkan melalui Program Rastra (sebelumnya Raskin), mulai 2017 secara bertahap penyalurannya dilakukan melalui Program Bantuan Pangan Nontunai uang selanjutnya disebut BPNT.

Kegiatan ini bertujuan memberikan sinergitas tim koordinasi provinsi, kab/kota, dan perum bulog menuju 6 T (tepat sasaran, tepat harga, tepat kualitas, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat administrasi.

Sementara itu, Pj Sekda Barru menyebutkan bahwa bantuan penyaluran non tunai di Kabupaten Barru sudah sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Sasaran BPNT adalah keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di kabupaten/kota pelaksanaan BPNT, dan namanya termasuk di dalam Daftar KPM BPNT yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial. Daftar KPM BPNT bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Abustan.

Hadir pula pada kegiatan ini Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Perum Bulog Sulsel-bar, Dirjen penanganan fakir miskin Andi ZA Dulung.

Tinggalkan Komentar