“Callnak Centre” Parepare Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Semarang, PANRITA.News – Inovasi Pemerintah Kota Parepare kembali mendapat pengakuan pemerintah pusat melalui penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Kali ini, program Callnak Centre yang resmi mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB dalam malam penganugerahan di Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, Kamis malam (18/7/2019).

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe yang hadir menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Menteri PAN-RB, Syafruddin.

Ini untuk kali kedua Taufan Pawe menerima penghargaan Top 99 Inovasi, setelah tahun lalu lewat Call Centre 112.

Bedanya, jika Call Centre 112 adalah pelayanan kesehatan untuk manusia, Callnak atau Call Ternak Centre pelayanan kesehatan untuk hewan ternak.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kota Parepare tidak hanya peduli pada kesehatan manusia, tapi juga hewan ternak. Jangan dianggap remeh, karena memperdulikan hewan ternak itu menyangkut kesejahteraan masyarakat dan genetika hewan ternak warga,” kata Taufan Pawe.

Inovator Callnak Centre drh A Yulianti Hatta menjelaskan, Callnak Centre ini berangkat dari kepedulian Pemkot Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) dengan banyaknya ternak warga yang mati.

“Ya pada 2013 itu, banyak sapi warga yang mati karena terserang penyakit berak darah. Nah, dari situ kemudian kita munculkanlah program Peduli Jamban Darah untuk mengendalikan penyakit itu,” ungkap drh Yulianti.

Karena program ini dinilai penting, akhirnya pada 2014 berubah menjadi Callnak Centre.

Namanya adalah program Callnak Centre: Lawan dan Libas Habis (Layanan kesehatan hewan dan layanan inseminiasi buatan, administrasi peternakan hanya berselang lima belas menit).

Callnak Centre merupakan pelayanan aduan dan respons cepat Peternakan dan Kesehatan Hewan terpadu di Parepare.

“Alhamdulillah, hadirnya program ini banyak membantu peternak kita di Parepare. Bahkan hampir semua peternak kita sekitar 650, sudah merasakan program ini. Cukup hubungi nomor ponsel 082187688123, kita segera meluncur ke lokasi ternak warga,” kata Yulianti.

Yulianti, Plt Kepala Dinas PKP Parepare, Hj Rostina Rahman, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare, M Anwar Amir ikut mendampingi Wali Kota Taufan Pawe saat menerima penghargaan.

Sejumlah pejabat pusat dan tokoh nasional hadir pada malam penerimaan penghargaan di antaranya Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta sejumlah kepala daerah penerima penghargaan. (*)

Tinggalkan Komentar